31 Mei 2012

TEST ULANG UNTUK GURU TERSERTIFIKASI

Mungkin kabar ini kurang mengenakkan juga buat para guru yang sudah tersertifikasi yang otomatis mendapat tunjangan profesi, Test ulang akan dilakukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk mengetahui peningkatan kualitas seorang guru profesional. sebanyak 1.020.000 guru itu akan dites ulang sebagai konsekuensi dari peningkatan kualitas mengajarnya setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi.

Tes ulang yang akan digelar ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA). Dalam uji kompetensi guru berjuang untuk mendapatkan kursi pelatihan dan mendapat sertifikasi. Sedangkan di tes ulangan ini Kemdikbud hanya akan mengevaluasi penguasan materi ajar dan pedagogisnya.Dan PGRI pun mendukung test ulang ini... Kelihatannya memang seperti menghamburkan uang, walau tujuannya baik ini juga bisa mempengaruhi kinerja guru.

Ujian diadakan secara online dengan soal akan dibuat secara acak melalui komputer namun hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir. bagi daerah yang fasilitasnya belum memenuhi masih memakai sistem offline.
 Ingat beberapa waktu (2 bulan yang lalu) ketika Ujian Kompetensi Awal (UKA) dilakukan untuk para guru sebelum masuk PLPG ? Hasil mereka dibawah standart tapi tetap lulus juga.... apalagi yang sudah mendapat sertifikasi (kalau 2-4 tahun lalu kan mereka sudah memiliki usia diatas 45 tahun) disuruh ujian bisa meriang dan nggak bisa tidur.... Kualitas guru mau ditingkatkan, tapi cara nya harus dicari yang terbaik.

0 komentar: