01 Januari 2013

KURIKULUM 2013 GURU TAK MEMBUAT SILABUS

Sedikit ringan di kurikulum 2013 yaitu guru tak membuat Silabus lagi... Pada saat guru mengajar, dengan kurikulum baru ini guru-guru tidak lagi dibebani dengan berbagai hal yang dapat megganggu konsentrasi guru. Contohnya, guru tidak lagi dibebani membuat silabus seperti pada kurikulum KTSP.

Mendikbud Mohammad Nuh akhir pekan kemarin juga menyampaikan hal serupa, bahwa kewajiban guru membuat silabus akan membuat guru tambah ‘mumet’ bin pusing “Oleh karena itu, guru tidak usah mikir, kita kasih bukunya (buku babon), dilatih cara gunakan bukunya. Guru kita ajari konsepsi dan pendekatannya,” kata Mohammad Nuh.

Lalu siapa saja yang akan menjadi pengajar bagi master teacher tersebut? Menurut Mendikbud, pengajarnya berasal dari berbagai kalangan, termasuk guru-guru teladan, guru SD dari berbagai daerah yang sudah teruji baik negeri maupun swasta.

“Ya ini nanti yang akan mengajar master teacher yang akan disebar ke daerah-daerah untuk mengajar (guru lainnya),” jelas Menteri asal Jawa Timur itu.(fat/jpnn) tapi kalau seperti ini apa nggak di trial dulu... ganti menteri lho kurang 1,5 tahun lagi... lha nanti ganti kurikulum lagi... wah tambah mumet deh para guru...

1 komentar:

bang toyib mengatakan...

hal yang biasa dan lumrah yang sangat merugikan dan membingungkan para gurur dengan bergonta ganti kurikulum,, yang satu ja belum bisa di aplikasikan di ganti lagi yg baru... yang apes lagi yang honorer ... jadi guru di negeri ini koq susah banget