18 Januari 2014

CARA MENDAFTAR MENJADI INSTRUKTUR NASIONAL

Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut 33 ribu Instruktur Nasional (IN) sebagai implementasi Kurikulum 2013 (kalau ketika KTSP dulu ada master dan supermaster... nah sekarang ganti IN). 33 ribu IN akan melatih sekitar 1,3 juta guru sasaran secara nasional. Namun upaya tersebut masih mengalami kendala. Pasalnya, jumlah pendaftar IN masih minim, yakni baru mencapai 27 ribu. Dampaknya, implementasi Kurikulum 2013 bisa berhenti.


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud, Syawal Gultom mengatakan, keberadaan IN ini sangat penting dalam implementasi kurikulum 2013. IN variable yang sangat menentukan, begitu kata Syawal di Kemendikbud, Jumat (17/1).

Untuk seleksi calon IN ini terbuka bagi seluruh yayasan pendidikan. Mulai dari Ma'arif (NU),  Muhammadiyah, Taman Siswa, Majelis Perguruan Kristen, Khatolik dan Yayasan pendidikan lainnya. Kemendikbud juga telah menetapkan jadwal pelatihan calon IN yakni 3-7 Maret 2014. pendaftaran calon IN ini dibuka selebar-lebarnya bagi guru inti, kepala sekolah, pengawas, dosen, unsur dinas pendidikan maupun widyaiswara. Nah minggu ketiga Maret dengan pelatihan guru sasaran. Untuk memudahkan pelatihan guru sasaran, IN akan didatangkan ke daerah yang ditetapkan menjadi Tempat Penyelenggaraan Kegiatan (TPK).

Setiap TPK akan menghimpun 25-40 sekolah menjadi kelompok pelatihan. Maret-Juni merupakan prosesnya dan selesai karena sudah diperhitungkan. Prosedurnya menjadi Instruktur Nasional / IN Pendaftaran sudah dimulai dan IN akan ditutup 26 Januari 2014, dilanjutkan seleksi administrasi para pendaftar calon IN sampai 30 Januari. Untuk Pengumuman kelulusan seleksi administrasi akan dilakukan pada 31 Januari 2014 .

Pendaftaran Instruktur Nasional (IN) dilakukan dengan dua cara, online dan offline. Yang online, sistemnya sudah disiapkan dan segera akan dilaunching, yang offline, calon IN bisa mendaftar di Dinas Pendidikan Kabupaten/kota. Data dari Kemendikbud menyebutkan 33 ribuan IN yang dibutuhkan terdiri dari IN SD sebanyak 14.707 orang, SMP 10.107 orang, SMA 5.352 orang dan SMK 2.940 orang.

Jadi perlu diingat cara mendaftar menjadi Instruktur Nasional Kurikulum 2013 ini bisa secara offline (yang sudah dibuka) dan online yang sekarang masih proses launching. Monggo bagi Guru yang ingin jadi guru Instruktur nasional.

0 komentar: