27 Juli 2014

RPP KLAS IV KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
           
Satuan Pendidikan      :
            Kelas / Semester          : IV / I
            Tema / Subtema          : Peduli terhadap Makhluk Hidup / Ayo Cintai Lingkungan
            Sub Tema                    : Ayo Cintai Lingkungan
             Pertemuan                  : 4
             Alokasi Waktu           : 6 X 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
K I 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
1.   SBdP
3.3. Membedahkan panjang pendek bunyi dan tinggi renda nada dengan gerakan tangan.
4.7. Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal.
2.      METEMATIKA
3.13. Memahami  pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda Konkrit / gambar.
4.13. Menguraikan sebuah pecahan menjadi hasil penjumlahan atau pengurangan 2 buah pecahan lainnya dengan berbagai kemungkinan jawab.
3. PJOK
  3.3. Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh

C.    INDIKATOR
1.      MATEMATIKA
í  Membandingkan pecahan berpenyebut tidak sama.
í  Menemukan jawaban dari soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama.
2.  PJOK
í  Menyusun menu gizi seimbang setelah mengenal piramida makanan
3.  SBdP
í  Menunjukan keterampilan menyanyi lagu wajib dengan solmisasi yang tepat

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyanyikan lagu wajib dengan teknik dan solmisasi yang benar.
2.      Dengan diskusi kelompok, siswa mampu membandingkan pecahan berpenyebut tidak samadengan benar.
3.      Setelah bereksplorasi dengan gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal
operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama dengan benar.   
4.      Setelah mengenal piramida makanan, siswa mampu nenyusun menu gizi seimbang dengan benar

E.     MATERI AJAR
1.      Lagu wajib nasional “ Kulihat Ibu Pertiwi “
2.      Operasi bilangan pecahan
3.      Menu gizi seimbang

F.     PENDEKATAN DAN METODE
1.      Scientifik

2.      Diskusi

0 komentar: