05 Maret 2015

RPP BUDI PEKERTI KELAS 2


Nama Sekolah     :  ............
Tema                    :  Budi Pekerti
Kelas/Semester    :  II / 2
Alokasi Waktu     : 2 x 35 Menit

Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia

5.      Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
8.      Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak.

PKN

3.      Memahami sikap demokratis.

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

5.1  Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
8.2  Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.

PKN

3.1  Mengenal kegiatan bermusyawarah.
3.2  Menghargai suara terbanyak.


 INDIKATOR
Bahasa Indonesia
                                 ·            Mencatat isi pesan
                                 ·            Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
                                 ·            Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung sebanyak lima kalimat.
PKN
                                 ·            Mengidentifikasi ciri bermusyawarah yang benar.
                                 ·            Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
                                 ·            Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.

  
I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupun tulisan
2.      Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
3.      Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.Materi Ajar

Menyampaikan pesan pendek.
Menyalin kalimat.
Musyawarah

       Ceramah
       Tanya jawab
Diskusi
Penugasan

IV.Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan awal ( 10 Menit)
F Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapikan tempat duduk.
F Memotivasi siswa
F Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
F Guru mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran dengan menyanyikan lagu “Bangun Tidur”

  1. Kegiatan inti (50 Menit)
F Guru mendiktekan isi pesan.
F Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.
F Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan
F Guru membacakan cerita bertemakan mesyaarah kemudian menceritakan secara global
F Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permsalahan secara berkelompok untuk dimintai suatu keputusan atas kesepakatan bersama
F Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
F Guru mengambil sebuah keimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan
F Siswa membca secara bergilir denngan tema yang berhubugan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring
F Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan
F Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan di bacakan secara lancar serta nyaring
F  Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan akhir (10 Menit)
F Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa
F Pemberian tugas (PR, Portofolio).



V.  Alat dan Sumber belajar

F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.

F Lingkungan sekitar

0 komentar: