13 September 2015

DAPODIK 4.01

Salam Satu Data ! Oke ... setelah kemarin membahas Dapodik 4.00, kali ini kami akan berbagi informasi terkait aplikasi dapodikdas versi terbaru. Yakni melakukan update aplikasi dapodikdas 4.0.0 menjadi dapodikdas 4.0.1 . Hal ini dilakukan untuk proses percepatan data agar proses cut Off BOS berjalan dengan lancar. Saran dari kami yang sudah mencoba silahkan menggunakan Dapodik 4.00 dulu kemudian lakukan sycnhronisasi laulu ambil prefill yang terbaru (agar bisa ada backup jika sewaktu-waktu dapodik 4.01 bermasalah)

Kalau versi sebelumnya untuk menginstal Patch harus mendownload terlebih dahulu, tapi untuk sekarang cukup di update melalui aplikasi dapodikdas itu sendiri. Berikut ini cara Update Dapodik 4.0.1 :


  1. Langkah pertama adalah komputer atau laptop harus terkoneksi dengan Internet.
  2. Silahkan Login Aplikasi Dapodikdas Sekolah anda.
  3. Silahkan Pilih Pengaturan dan klik Cek Pembaruan Aplikasi Pada menu dasbor Dapodikdas.
  4. Setelah muncul peringatan pembaruan aplikasi 4.01 tersedia silahkan klik lanjutkan
  5. Tunggu hingga proses update selesai




NB. Setelah Update Silahkan Log Out dari aplikasi lalu restart komputer anda (bisa juga hanya dengan merefresh browser) dan login Kembali ke aplikasi dapodikdas 4.0.1 Fitur Pembaharuan Aplikasi Dapodikdas 4.0.1 berbeda dengan versi sebelumnya pada fitur ini betanyak mengalami pembaharuan, untuk lebih lengkapnya berikut ini Daftar Perubahan versi 4.0.1 :

[Perbaikan] Level wilayah bergeser pada profil sekolah
[Perbaikan] Level wilayah bergeser pada identitas sekolah di beranda
[Perbaikan] Kolom SKHUN yang kembali merah
[Perbaikan] Link generate prefill
[Pembaruan] Pembukaan Nama, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin pada data PTK
[Pembaruan] Pembukaan Nama, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung pada data Peserta Didik
[Pembaruan] Validasi No Peserta Ujian Nasional untuk peserta didik jenjang SMP
[Pembaruan] Validasi peserta didik maksimal 200 data (paging)
[Pembaruan] Referensi Kembali Bersekolah ketika memasukan peserta didik ke anggota rombel.

Setelah proses update aplikasi dapodik selesai , silahkan update data terutama di bagian pembaharuan di atas untuk selanjutnya melakukan proses sinkronisasi. Jangan sampai data yang masuk keserver dapodik mengalami kekurangan yang akan menyebabkan kendala terutama penyaluran dana BOS.

Semoga Informasi di atas bermanfaat untuk semua. Terima kasih. Segera lakukan pembetulan dikarenakan kita tidak tahu apakah Dapodik 4.01 ini ditutup karena selama ini kebijakan untuk mengubah nama menggunakan vervalpd, so mumpung masih bisa segera ya dibetulkan agar nama siswa khususnya kelas akhir (6, 9, 12) Valid.

0 komentar: