25 September 2014

PENILAIAN KURIKULUM 2013

Persiapan untuk para guru seluruh Indonesia yang kelasnya menggunakan kurikulum 2013. Penilaian Kurikulum 2013 berbeda sekali dengan KTSP, so diperhatikan ... walau di setiap lokasi mungkin sudah diberi pelatihan kurikulum 2013... tapi kadang masih bingung... maklum penilainnya berbeda dengan yang lalu. beriku ini hasil pelatihan mulai dari Aplikasi atau software penilaian Kurikulum 2013, SD,SMP, SMA disertai format nilai Raport, dalam bentuk excel dan juga powerpoint presentasi dari para tutor kiranya cukup membantu Bapak/Ibu guru  sekalian dalam melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013.


Cara penilaian Numerik atau berdasar angka nampak sedikit demi sedikit di tinggalkan hal ini terbukti pada proses penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 yang lebih bersifat kualitatif atau deskriptif dengan nilai berkisar 1-4.



Pada tingkat dasar lebih mengedapankan aspek sikap atau prilaku sedang pada keilmuannya lebih banyak pada tingkat atasnya, Buku Pelajaran memang makin tipis namun tapi untuk kurikulum 2013 makin tebal buku raport kurikulum 2013, tapi jangan bingung dan malah tak dikerjakan sama sekali... kerjakan saja sebisanya dulu satu persatu kalau bingung tanya temannya yang sudah paham... nanti lama-lama penilaian kurikulum 2013 akan selesai juga. So jangan putus asa toh pasti bisa.

Kalau untuk Jenjang SD Kurikulum 2013 mengedepankan 4 aspek penilaian

1. Aspek Spiritual
2.Aspek Pengetahuan
3.Aspek Keterampilan
4. Aspek Sosial


Pada aspek Spriritual dan Sosial penilaian bisa dilakukan dalam bentuk, penilaian antar teman,Penilaian Diri Sendiri,Observasi dan Jurnal. Nah semua contoh filenya sudah admin taruh di satu folder disini. silahkan klik disini atau https://drive.google.com/folderview?id=0B67fnkR9xcwBSWZyNGdGSU4tSVU&usp=sharing