04 Mei 2007

akta4

Saya telah menjalani program Akta4 yang dilaksanakan oleh Universitas Wijaya Kusuma bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Sidoarjo Dengan subsidi dari Pemerintah Sidoarjo. Masuk Kuliah hanya pada hari sabtu mulai pukul 09.00 sampai 15.00 dan memakan waktu 9 bulan.
Saat ini saya tinggal menunggu di wisuda yang Insya Allah tanggal 24 Mei 2007 di gedung UWK Surabaya. Karena sudah menjalani kuliah akata 4 ini maka saya mempunyai inisiatif untuk memasukkan blog mengenai materi maupun makalah yang ada di Program Akta 4, agar nantinya bagi anda yang membutuhkan informasi semakin mudah dan menambah wawasan anda.
Apa sih program AKTA 4 itu.. ?? mungkin bagi anda yang tidak menjalani profesi guru sulit mengerti….
AKta 4 merupakan pendidikan yang harus dijalani oleh para lulusan sarjana di semua bidang (formal) agar bisa menjalani profesi guru. Dengan adanya program ini lulusan non kepeguruan bisa menjadi guru dengan menyelesaikan program akta 4 ini.
Banyak sekali guru sekarang ini yang hanya lulusan Diploma 2 (D2) bahkan dibawahnya (menurut survey hanya + 25% saja yang memiliki gelar sarjana). Oleh karena itu pmerintah melakukan sertifikasi guru (peningkatan profesionalisme guru dan penambahan gaji profesi diluar gaji yang ada) dimana persyaratannya harus sarjana dan telah mengajar.
Pemerintah ingin meningkatkan kualitas guru sehingga profesi guru bukan lagi menjadi pilihan terakhir (agar nantinya tenaga pengajar tidak memiliki SDM yang biasa saja)
Berikut Materi yang diajarkan dalam Kuliah Akta 4 :

1. Kapitalisme
2. Motivasi pembelajaran
3. Evaluasi pembelajaran
4. Pengelolaan Kelas
5. Sosiologi dan komunikasi pendidikan
6. Strategi Pembelajaran
7. Pengembangan Bahan Ajar
8. Pengelolaan kelas
9. Kurikulum
10. Soal -soal

Semoga blogger ini bermanfaat bagi anda….
Kalau menginginkan file dari makalah diatas dapat minta ke email saya
fidi_handoko@yahoo.com

1 komentar:

s_lukman mengatakan...

materinya untukberapa SKS???