10 Maret 2009

Program Akta IV dihapus

wow... berita yang sangat mengejutkan. setelah saya baca di harian Kompas hari ini dengan judul nasib calon guru terkatung-katung dikarenakan untuk menjadi guru harus ikut pendidikan profesi guru (PPG). Bahkan Purek UT menyatakan mulai awal tahun ini mereka sudah tidak membuka program Akta IV lagi ! Busyet lees deh saya membacanya, sudah sekarang nasib menjadi GTT tidak jelas ditambah syarat baru harus mengikuti PPG selama enam bulan untuk guru TK & SD dan 1 Tahun untuk guru SMP& SMA

Bagaimana pelaksanaannya ? ya masih dalam proses pemantapan dimana akan diimplementasikan bulan September tahun 2009. HAl ini membuat Lulusan Non Kependidikan menjadi bertambah bingung..... dan kenyataan sekarang adalah banyak sekali GUru yang berasal dari Sarjana Non Kependidikan Ber-Akta4, dan mereka sekarang masih aktif mengajar di berbagai sekolah baik Negeri maupun Swasta (temasuk saya).

Jujur saja pada dasarnya saya juga tidak terlalu berharap untuk diangkat menjadi PNS karena niat awal saya mengajar adalah mengabdikan ilmu yang saya miliki ke masyarakat. Saya juga tidak pernah sekalipun mengikuti test CPNS yang dilakukan pemerintah. KArena pandangan saya kalau saya masuk di pemerintahan malah membuat kreatifitas tidak banyak berkembang disebabkan oleh prilaku guru lainnya. Ingin bukti ? coba saja masuk di sekolah dasar negeri dimanapun dan tanya mereka apakah mereka menerapkan Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah ? NOL BESAR. Hanya mungkin di sekolah favorit dan itupun hanya beberapa guru (sebagian kecil) lainnya.... buktikan sendiri. Fenomena ini muncul karena ketika sudah diangkat menjadi PNS mereka tidak akan dipecat, diberi sangsi... heheh bisa dirunding.. inilah potret buram pendidikan kita. BAgaimana Negara ini bisa maju ?????

27 komentar:

wiluyo mengatakan...

Iya juga ya!! aku juga akta IV, sdh 7 tahun ngajar di swasta. mesti kuliah lagi nih!!

aroengbinang mengatakan...

Negara ini akan menjadi lebih maju ketika lebih banyak orang pintar, jujur dan visioner bersedia untuk menjadi pegawai negeri, dan politikus yang baik.

nure mengatakan...

ohh... maksudnya akta4 diganti dengan pendidikan profesi guru yah,,,
jadi intinya lulusan nondik masih punya kesempatan bwt jadi guru kan,,,?

Anonim mengatakan...

knapa guru jadi kaya darah biru ya.... apa ga lebih baik ilmu di dapet dari orang yang berkecimpung di bidangnya. Apalagi masalah it, bakalan tambah ketinggalan klo yang jadi guru mesti dari pendidikan guru,,,

bL4ckC4Tz mengatakan...

Akta IV dihapus diganti dengan Pendidikan Profesi yach??

oliev mengatakan...

Makasih ya Infonya
Aq juga lu2sn dr nonpen 2008, trs skrg da 8 bln ngajar d SMA swasta, tanpa ijazah akta 4. Aq pengen kul akta 4 biar bs ngajar di negeri, rencana seh mau ngambilnya tahun ajaran ne, tapi aq msh ragu ne cos dnger2 akta4 ga berfungsi lg ya di ganti PPG, trs gmn pendapat tmn2 buat saya?
Terima kasih yaa tas jawabannya

Anonim mengatakan...

Aduhhhh.....Sedih dengernya Akta4 dihapus, pdhl sy baru ikut kul Akta 4 IKIP PGRI Bali? Gak berguna dong? Kenapa sii pemerintah ngasih info setenga2...Gimana dong? Musti Kuliah Lagi PPG, ongkos lagi plus waktu lagi...

Anonim mengatakan...

Waduh....sia - sia deh ijazah akta4 ku???? Mungkin emang nasibnya guru ya harus sebagai pahlawan tanpa tanda jasa....hehehehe

dhiedie mengatakan...

Negara maju, bagaimanakah sebuah negara dikatakan maju ?

Anonim mengatakan...

aku lulusan non pendidikan yang pingin ngambil akta4, rencana thn ini,
kalo program Akta4 dihapus kira2 penggantinya apa?

Anonim mengatakan...

Hebat euy sudah bisa menilai sistem pendidikan di Indonesia, sekalian aja jadi menteri pendidikan..pasti tambah hancur ...hehhehe

Anonim mengatakan...

Mohon Pencerahan dr kawan2. Saya lulusan Teknik Informatika non kependidikan, skrg
mengajar TIK, yg menjadi permasalahan yaitu saya mengikuti program akta iv dr Universitas
Islam sehingga akta iv yg saya miliki disitu tertulis dr Fakutas Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam, sedangkan saya lulusan dr universitas yg berbeda dengan fakultas&jurusan yg berbeda pula, lalu dipermasalahkan karena antara ijazah S1 saya & akta iv nya berbeda Fakultas&Jurusannya? bagaimana ini,apa melanggar aturan?

IKROBUL mengatakan...

Sebetulnya Dinas Pendidikan tidak mempermasalahkan tentang Akta IV sebagai SIM Mengajar. Bagaimana orang yang lulusan misalkan Biologi tapi bukan dari Pendidikan dan dia lulusan IPB saya yakin kemampuannya bisa dipertimbangkan. Lalu bagaimana dengan pelajarannya yang sifatnya teknik seperti Komputer apakah ada jurusan ini yang notabennya Universitas pendidikan. oleh karena itu saya melihat janganlah dipersoalkan masalah Akta IV tetapi ke mana orang itu akan mengajar pada bidang apa maka tempatkanlah orang itu pada bidangnya agar anak bangsa dapat terarah dan menjadi berkualitas. Bukan anak bangsa dipermainkan oleh persoalan administratif tetapi tidak teruji kemampuannya. wahai orang dinas pendidikan perhatikan ini ! yang berpolemik tentang persoalan itu !

Azizah mengatakan...

jika memang ada pengganti dari akta 4, mohon informasinya ya....
dan juga tolong disertakan prosedurnya juga...
trimakasih atas bantuannya

Anonim mengatakan...

saya lulusan S1 peternakan ptn negri, awalnya saya ngga kepikiran sih sama program akta 4. tp setelah menganggur 2th (sempat bekerja hanya menggunakan ijasah sma) saya mulai mempertimbagkan saran dari ortu saya untuk ambil program akta4. dan saya berencana mengikutinya, namun makin saya cari tau info nya makin santer terdengar bahwa program akta 4 akan di hapus. yang ingin saya tanyakan maksudnya pendidikan profesi guru itu kuliah S1 pendidikan guru atau semacam pengganti program akta4? harap infonya.

yusuf.pranoto mengatakan...

Aku barusan mengikuti program akta IV yg diselenggarakan oleh Universitas Swasta di Semarang dan satu-satunya yang buka progdi akta IV. Aku udah mengikuti perkuliahan selama 1 bulan....eh ternyata tiba2 di tengah jalan, penanggung jawab progdi akta IV mengatakan bahwa pemerintah menutup progdi akta iv dan saat itu pula program akta dihapus....

Onny Thea mengatakan...

Setuju ama aroengbinang. Sama aja dengan istilah 'politik itu kotor', kenapa orang yang merasa dirinya bersih tidak terjun ke dunia politik agar politik kita menjadi bersih. Begitu juga dengan guru-guru kreatif itu, kenapa ga masuk ke struktur pemerintah? Biar aparat di negara ini dihuni oleh orang-orang yang luarbiasa kreatifnya. Gitu...

Netty mengatakan...

wah, ternyata benar dihapuskan yah akta4 itu,.. kalau memang diganti PPG mudah-mudahan info seperti ini bisa dengan cepat diketahui temen-temen yang mempunyai keinginan jadi pengajar..biar langkah yang di ambil tepat dan tidak sia-sia ^_^

Netty mengatakan...

http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=222&Itemid=54
info serupa ternyata sudah dari tahun 2008 infonya,..

Anonim mengatakan...

sy lulusan 2008, dan langsung mengajar di salah satu SMKN Jkt.setelah lulus berencana u/ mengambil akta IV, tp saya kaget dan bingung mendengar info dihapuskannya akta IV, kalau begini kenyataanya,progrm apa yg hrs sy ikuti u/ mndptkan SIM sbg pengganti akta IV????dmn, dan bgmn prosedurnya???? mhon infonya....thx

Anonim mengatakan...

AWASSSSS.......
bendahara GTT ada main mata dengan guru SDN blihgho......
he...he......
awas sekretaris GTT nya bisa mecucu loh pak.....
seng rukun - rukun wae yo... mbagi bikang wong 2,he--he---
ojo nesu ojo mangkel....
aku

duniaputri mengatakan...

barang wangi kejebur di air kotor bisa ikut bau..
barang bersih kena noda ikutan kotor...
intinya, saya dari dulu sampai sekarang sering bangeut bete ama sistem pendidikan di indonesia (teriakan hati murid bego yang merasa kehilanbgn banyak waktu di kelas sebagai orabng goblok)

Anonim mengatakan...

Hello !.
might , probably curious to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may begin earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
AimTrust represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with offices around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you wish in the long run!

I feel good, I began to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct companion who uses your funds in a right way - that`s the AimTrust!.
I take now up to 2G every day, and my first deposit was 1 grand only!
It`s easy to join , just click this link http://sozyjycufi.wtcsites.com/jiqovy.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

nur santika mengatakan...

saya mahasiswa UPBJJ dari sorong-papua, ada masalah yang saya tidak mengerti, saya mengambil jurusan akta mengajar/akta IV, nim saya 012 566 361, atas nama tika nursantika, saya mengambil akta IV sudah 2 tahun lebih, tapi hasilnya tidak ad yang beres, terakhir saya ujian semester MKDK 4302 yaitu Perkembangan Peserta Didik, tapi di kertas bahan ujian MKDK 4002, saya bingung, dosen UPBJJ sorong mengatakan MKDK 4302 adalah untuk SD, sedangkan MKDK 4002 adalah untuk SMP, dari awal saya daftar itu MKDK 4302 bukan MKDK 4002, sampai sekarang tidak ad kejelasannya, dan bingungx siapa yang salah dan siapa yang bertanggung jawab akan masalah yang saya hadapi in. saya sudah telepon k jakarta, hasilnya saya hanya dipimpong kesana kemari saja, terakhir thn 2008saya tlp lagi, mereka katakan Akta IV sudah di tutup tidak ad lagi. akhirnya sampai sekarang Akta IV saya hangus begitu saja, padahal saya sudah banyak mengeluarkan uang begitu banyak untuk program yang saya ambil in, tolong ... saya mohon perhatiannya .... nomor hp saya 08124884307. trims !

Boleh Nongkrong mengatakan...

betul...betul...betul...
yang mau kerja dibuang
yang pintar+kreatif ditendang
yang gila disayang
indonesiaku malang
wkwkwkwk

Mayka mengatakan...

saya juga lulusan non kependidikan (bahasa dan sastra). saya bisa mengajar di sekolah negeri tapi tidak bisa menjadi pegawai negeri. memang saya juga seperti penulis blog, tidak berharap menjadi PNS, yang penting bisa membagi ilmu kepada siswa. rejeki kan bukan hanya dari PNS saja.

GULIFIT SHOP mengatakan...

tidak heran banyak sarjana muda yang menganggur karena akta 4 dihapuskan lagiii