15 Maret 2009

Membuat Soal Ujian Semester

tugas akan bertambah bagi guru ketika peserta didik akan menjalani ujian tengah semester maupun Ujian Akhir Semester (UAS). Kenapa ? karena disaat inilah para guru harus menyelesaikan materi yang harus disampaikan pada siswa dan juga harus mengetahui kadar pemahaman mereka akan materi yang diajarkan.

Ya... dengan KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) kita para guru diharuskan membuat kompetensi dasar yang sesuai dan boleh dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah. membuat siswa mengerti, paham memang sulit, apalagi mereka yang tingkat kecerdasannya di bawah rata-rata. TApi itulah mulia nya tugas guru seperti yang disyairkan dalam sebuah lagu : "Kita jadi tahu beraneka ragam ilmu karena siapa..?"

HArapan ke depan pendidikan akan menjadi lebih baik karena hasil pendidikan baru bisa dirasakan 20 tahun yang akan datang. Investasi pendidikan sangat diperlukan, ingat apa yang dikatakan kaisar Jepang setelah negaranya di bom atom ? berapa jumlah guru yang hidup ?!!

1 komentar:

Henny mengatakan...

Hai, nama saya Henny.Saya masih baru dalam dunia maya. Saya tamatan 1995 sarjana sastra Indonesia dan baru mengajar selama 6 bulan di bidang B.Indonesia. Utk melengkapi syarat sebagai guru saya harus mempunyai titel Spd. , jadi saya kuliah Spd. PAI. Apakah tdk bermasalah nantinya bila saya mengurus sertifikasi.
Terima kasih.