30 Januari 2009

Memberi hadiah pada sang juara kelas !

Apakah perlu memberikan hadiah pada siswa yang menjadi juara kelas ? Untuk kurikulum KTSP yang kita pakai sekarang tidak menganjurkan hal ini dilakukan.. Kenapa ? karena kemapuan / keahlian yang dimiliki siswa tidak sama, jadi kita tidak boleh menganggap siswa juara kelas merupakan ahli segala... mungkin saja pada waktu itu dia bisa mengerjakan ujian dan waktu pelajaran selalu ikut.

Sebenarnya hal ini masih menjadi kontroversi, karena memberikan hadiah adalah memberi semangat bagi yang lain untuk bersaing yang positif. Terus bagaimana kita memberikan penghargaan pada mereka ? apa cukup selamat... memberi nilai raport bagus ?

Inilah yang harus diketahui oleh para guru. Ya... ada sesuatu hal yang menarik ketika saya berkunjung ke sekolah bertaraf Internasional. Mereka tetap memberikan hadiah walau anak itu bukan juara melainkan mengerjakan tugas pelajaran, praktek, olahraga, ikut lomba-lomba dan lainnya. Apresiasi pada mereka yang unggul harus tetap diberikan, karena itu bisa menaikkan semangat belajar mereka dalam berbagai hal.

APA BEDANYA KALAU SISWA PANDAI PADA HAL TERTENTU DAN TIDAK, KALAU TIDAK KITA BERIKAN APRESIASI ?!? APA HANYA DENGAN MENYANJUNG / MEMUJI DAN KALAU JELEK MEMARAHI ?!?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, postingannya berat neh :D

Anonim mengatakan...

wah serem postingane :D
sampai bingung komentar apaan hehehe. kalo nurut aku sih mesti ada insentif biar nggak males, semacam piagam aja cukup kayaknya hehehe, biar bisa disimpen buat anak cucu kalo dah gede. kan murah meriah tuh.