08 November 2009

Enak mana ? TK / SD / TK / SMP / SMA

Beberapa hari ini pertanyaan inilah yang muncul dibenak saya !? Enak mana ? TK / SD / TK / SMP / SMA / Universitas atau Orang tua yang sudah kerja... ??? Setelah saya mengalami sendiri mengajar anak TK lalu SD (sekarang masih ngajar) kemudian SMP (privat komputer) dan sekarang ngajar SMK/SMA, kemudian masih mengajar kelas Khusus Ibu-ibu..... Akhirnya saya berkesimpulan bahwa anak setara SMK/ SMA yang lebih mudah.

Oke ketika mengajar TK - SD selain kita menjelaskan pelajaran kita juga dituntut memperhatikan kelakuan anak didik... maklum mereka sulit dikendalikan, jadi kalau satu kelas diatas 40 ... berabe kalu pake 1 guru. Dijelaskan hanya beberapa yang mendengarkan yang lain ngomong sendiri... atau buat kegiatan asyik sendiri. NAh kalau SMP agak lumayan... cuman masih banyak yang takut dalam mengemukakan pendapat. Beda lagi kalau orang-tua..... kalau dijelaskan mesti menjawab "pelan-pelan mas, sudah tua jadi agak lambat" kalo jelaskan materi mengulangi minim 3 kali... hehehhehe pusing.

NAh beda dengan anak SMA/ SMK.... kita hanya sedikit menjelaskan langsung kita ajak sharing enak.... membantah juga ok... terarah. Materipun bisa lebih oke. Kalau Anak kuliahan... banyak bantahnya... Gimana menurut kamu ?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau mau mengajar di SD/SMP swasta, apakah harus mempunyai akta mengajar juga? Keponakan saya sudah lulus Sarjana Akuntansi, tapi ingin mengajar di SD atau SMP saja.....