20 Maret 2011

UTS.... bermanfaatkah ?

kadang bingung juga sama peraturan yang diterapkan pemerintah, salah satunya adalah UAS, kemudian UTS (biasanya pemerintah daerah yang mengadakan). UTS merupakan ujian di tengah semester yang berguna untuk menambah pemahaman, pengertian siswa. TApi apakah ujian ini membawa dampak yang baik bagi siswa, khususnya siswa kelas akhir (6, 9, 12) ? karena malah menambah beban mereka.

Selain menyiap UASBN, mereka harus ujian tengah semester yang materi soal yang diujikan kelihatannya berbeda. SO apakah UTS bermanfaat, kita serahkan saja pada masing masing satuan pendidikan. Pemerintah memang memiliki tujuan yang baik, tapi dia tidak melihat bagaimana kualitas guru yang ada, dan terutama kurikulumnya. bingung juga ... Pelajaran yang diterima oleh anak SD kelas enam sangat tinggi, apalagi ke SMP.... dan kelihatannya sistem peringkat dalam keseluruhan pelajaran masih dipakai, padahal kalau KTSP peringkat sudah tidak boleh dicantumkan, sayang orang tua siswa belum mengerti akan hal ini.

IQ tak bisa menentukan masa depan seorang anak, karena diperlukan yang lainnya seperti EQ, SQ. Jadi sebenarnya ujian itu selain mengulang pelajaran yang telah diberikan manfaatnya apa ya..!?

0 komentar: