26 Agustus 2014

RPP 2013 KELAS IV

Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

Satuan Pendidikan           : SD
Kelas / Semester              :  IV / 1
Tema  / Sub Tema            : 3    Peduli Terhadap Makhluk Hidup
                                           1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran ke              : 6
Alokasi waktu                  : 6 X 35 Menit (1 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti

KI1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
SBdP
Kompetensi Dasar:
2.3 Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.2 Mengenal gambar alam benda, dan kolase
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan


C. Indikator Pendekatan Kompetensi

BAHASA INDONESIA
ü  Menggali informasi tentang laporan hasil pengamatan tentang alam yang didukung dengan media hasil karya siswa
SBdP
ü  Menggambar pemandangan di sekitar rumah

 D. Tujuan Pembelajaran
ü  Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menggambar pemandangan alam sekitar rumah yang manarik.
ü  Dengan media gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menggali informasi tentang hasil pengamatan tentang alam sekitar lebih mendalam.

E. Materi Ajar
a. Alam sekitar, di sekitar rumah, di sekolah.

F. Metode Pembelajaran
     Pendekatan : Scientific

Metode       : Diskusi, pengamatan, tanya jawab dan ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pembuka
-          Guru memberi salam dan siswa memimpin doa
-          Menyampaikan lagu-lagu kupu-kupu yang lucu
-          Tanya jawab tentang lagu
-          Guru menginformasikan tema / sub tema dan tujuan pembelajaran tentang pengamatan di lingkungan alam sekitar
-          Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
6  x 35 menit



Kegiatan Inti
-          Seluruh siswa diajak keluar kelas untuk mengamati di lingkungan sekolah
-          Setiap kelompok untuk mengamati di sekitarnya
-          Setiap kelompok menggambar apa yang di amati
-          Setiap kelompok mendiskripsikan atau mencantumkan pada gambar tersebut kepada teman-temanya
-          Guru memberi motivasi kepada setiap kelompok untuk lebih semangat untuk bercerita
-          Siswa diberi refleksi untuk bertanya jawab tentang gamabar yang di ceritakan
-          Guru menjelaskan atau menambah kalimat kata-kata yang kuarang sempurna
-          Seperti kata baku dan tidak baku
-          Hasilya kolase perkelompok di tempelkan
Kegiatan Penutup
-          Peserta didik bersama bersama guru merefleksi kegiatan dengan beberapa pertanyan
1.      Apakah yang kalian lakukan dari kegiatan hari ini?
2.      Apakah kegiatan hari ini kalian suka? Mengapa?
3.      Kesulitan apa yang kalian temui?
4.      Siswa diberi tugas hal 30?

H. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
Alat dan Bahan      : Gambar hasil karya siswa
Sumber Belajar       : Buku guru dan buku siswa tema 3                                                                                            

I. PENILAIAN
  1. Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi. (Bahasa Indonesia)
Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
(2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu di ingatkan
(1,5)√
Masih perlu di ingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara)
Erespon dan menerapkan komunikasi non verbaldengan tepat
(3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
(2)√
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang di tunjukkan teman
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainya saat diskusi
(3)√
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
(1)
                 
Penilaian
Total nilai       X 10
        8
 
PPPPPPnjdcjadscbhxbxcn cxvhcvbbxn   bchsgshhhhbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbpppppooij



  1. Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi. (Bahasa Indonesia)
Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
(2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu di ingatkan
(1,5)√
Masih perlu di ingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara)
Erespon dan menerapkan komunikasi non verbaldengan tepat
(3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
(2)√
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang di tunjukkan teman
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainya saat diskusi
(3)√
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
(1)
                 
Penilaian
Total nilai       X 10
        8
 
PPPPPPnjdcjadscbhxbxcn cxvhcvbbxn   bchsgshhhhbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbpppppooij

 

Pppp

0 komentar: