05 April 2020

MERDEKA BELAJAR


PENDIDIKAN UNTUK MASA DEPAN BANGSA
Usulan singkat pendidikan MERDEKA BELAJAR.
Gearakan Merdeka Belajar untuk jangka waktu terdekat sudah dikumandangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Menurut saya program ini untuk jangka waktu dekat, yakni mulai sekarang sampai satu tahun ke depan, tapi itu sudah memenuhi keinginan dalam jangka panjang ? menurut saya belum.

Mungkin kalau saya sebagai Guru / pengajar, akan segera mendobrak system pembelajaran yang ada pada saat ini. Salah satunya yang sangat penting adalah membuat siswa lebih suka di sekolah, pembelajaran yang tidak monoton, dan selalu berinovasi.
Penggabungan system pendidikan dari Finlandia dan Jepang mungkin bisa menjadi salah satu solusi pendidikan masa depan Indonesia.

11.  Penanaman pendidikan moral dan kedisiplinan (sekarang diterapkan di Jepang)
22. Setiap 2 mata pelajaran harus ada waktu 15 menit untuk jeda (bukan istirahat) semacam Ice Breaking. System pembelajaran pun dibuat menyenangkan dengan menyerahkan secara penuh otonom dari masing-masing sekolah. (Penerapan di Finlandia)


Dua system diatas seharusnya bisa diadopsi dan bisa dileburkan di pendidikan kita karena sebnarnya baik no 1 dan no 2 sudah dilaksanakan sayang  belum  maksimal, tanpa terus mengatakan pendidikan kita belum merata dan lain-lain seolah mencapainya sangat sulit dan lama. Kalau kita bisa memulainya dari yang bisa melaksanakan  pasti semakin lama akan semakin BISA.
Penjelasan lebih lanjutnya sih kalau dijelaskan lagi bisa panjang, bagaimana penerapannya, yang penting ide ini sudah saya sampaikan dulu.

0 komentar: