10 Juni 2015

HARGAILAH GURU

Kali ini admin mau membahas masalah ketidaksukaan pegawai pada para guru khususnya PNS. Seringkali admin mendengar para PNS struktural iri akan fasilitas yang didapatkan oleh guru. Lihata saja dengan Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, dan yang paliang menyenangkan guru bisa ikut libur lho ketika siswa libur.....

Oke itu enak yang mereka bayangkan... mungkin juga mereka tidak melihat bagaimana kerja guru sesungguhnya... Guru harus fokus dalam mengajar... tidak mungkin siswa ditinggal, guru juga pasti tahu anak didiknya bagaimana bahkan sampai kondisi keluarganya (karena mempengaruhi siswa dalam keseharian). Ketika semua pulang dan tidur, guru harus membuat soal ... menilai ujian... mengisi raport... wow dimana itu semua tidak mungkin bisa dikerjakan ketika jam kerja tapi tanggung jawab harus selesai tepat pada waktunya.

Untuk mendapatkan fasilitas guru seseorang harus memiliki ijasah linear (PGSD untuk guru SD, bidang studi untuk SMP - SMA/SMK). Menempuh 1 tahun Induksi (diakui sebagai guru) dan mengikuti PPG (untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi). Jadi guru pun sekarang juga diperketat, untuk bisa jadi guru harus minimal pengalaman mengajar 4 tahun baru akan mendapatkan NUPTK.

Wajar sekarang guru lebih diperhatikan, karena masa depan bangsa ini terletak pada pendidikan salah satunya yang utama adalah peran guru. So jadi guru tanggung jawab dunia akhirat.... sekarang ini di lingkungan pendidik sudah mulai banyak guru yang berusia 50 tahun keatas... padahal sekarang ini teknologi sangat pesat-pesatnya... jangankan yang tua yang kisaran 40 tahun saja sulit mengikuti (kalau dibawah 40 masih bisa...)

Itulah sedikit uneg-uneg para guru sekarang ini... maklum suara miring disana-sini mulai santer... mbok yang ngomong itu coba dulu menjadi guru.... hmmm. Hargailah guru itu saja judul dari postingan ini.... sederhana tapi camkan itu...

0 komentar: