08 Juli 2015

KEKURANGAN GURU PNS

Penundaan peneriman CPNS 2015 yang dikeluarkan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mendapat respon Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) keberadaan guru PNS baru masih dibutuhkan untuk mengisi yang pansiun. Kemendikbud akan menyurati Kementerian PAN-RB meminta tes CPNS tetap dibuka untuk formasi guru. Dalam data angka kebutuhan guru ideal (AKG) 2015, kebutuhan guru PNS mencapai 492.765 orang.

Pensiun PNS guru di Jawa Barat dengan jumlah 99.176 orang sedangkan Jawa Tengah (54.431 orang) dan Jawa Timur (52.837 orang). Akhirnya kebutuhan guru itu bisa saja ditutup dengan guru tidak tetap (GTT). Tetapi khusus di sekolah negeri, tidak boleh semua guru diisi oleh guru tidak tetap atau guru non-PNS.

Wajar juga sih para honorer k2 yang belum diangkat ingin diangkat segera tahun ini, daripada mengambil dari formasi umum, honorer k2 kan sudah pengalaman karena masa kerja mereka sudah minimal 10 tahun... apalagi kemarin 30 ribu tidak terisi (karena mengundurkan atau bodong). Kalau Honorer k2 kan tidak perlu di test lagi... lha wong sudah test..... lebih hemat biaya.

0 komentar: