25 Oktober 2012

MEDIA PEMBELAJARAN

Ketika guru memberikan pembelajaran pada siswa, otomatis semua guru menginginkan siswa bisa mengerti, memahami apa yang dijelaskan/ diterangkan. Nah salah satunya agar bisa diterima oleh siswa dengan baik adalah dengan memakai media pembelajaran... apa itu media pembelajaran ?


Media Pembelajaran Merupakan saluran / jembatan dari pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan oleh sumber pesan (guru) kepada penerima pesan (murid) dengan maksud agar pesan tersebut dapat diserap dengan cepat dan tepat sesuai dengan tujuannya.

Media pembelajaran itu ada 3 jenis yaitu : media visual, media audio dan media audiovisual.

a. Media visual : media yang hanya dapat dilihat dengan mata terdiri atas media yang dapat diproyeksikan dan tidak dapat diproyeksikan.
b. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk mempelajari bahan ajar dan jenisnya seperti kaset suara, CD audio, program radio.
c. Media audiovisual merupakan kombinasi dari media audio dan visual (media pandang, dengar)


Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran :


  • Sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Membuat konkrit konsep-konsep yang abstrak Contoh : menjelaskan sistem peredaran darah manusia, arus listrik, angin menggunakan media gambar.
  • Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya / sukar didapat ke dalam lingkungan belajar. Contoh : binatang buas, candi, dll dengan media gambar.
  • Menampilkan objek yang terlalu besar / kecil. Contoh : pesawat udara, kapal laut, candi, virus, bakteri, dll. Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat / lambat.

0 komentar: