Nama Sekolah : ............
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar
Kompetensi
Bahasa Indonesia
5. Mendengarkan : memahami pesan pendek dan
dongeng yang dilisankan.
8. Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak.
PKN
3.
Memahami sikap demokratis.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan
kepada orang lain.
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung.
PKN
3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah.
3.2 Menghargai suara terbanyak.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·
Mencatat
isi pesan
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menyalin
puisi dengan huruf tegak bersambung sebanyak lima kalimat.
PKN
·
Mengidentifikasi
ciri bermusyawarah yang benar.
·
Mengerjakan
tugas dengan cara berkelompok.
·
Membiasakan
melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
1.
Memahami
sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada
orang lain baik lisan maupun tulisan
2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
3. Memahami dan membiasakan melakukan sikap
demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami dan menampilkan nilai-nilai
pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
5. Membiasakan untuk bersikap lapang dada,
jujur, disiplin, dan senang bekerja.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.Materi Ajar
Menyampaikan pesan pendek.
Menyalin kalimat.
Musyawarah
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
IV.Langkah-langkah
Pembelajaran
- Kegiatan awal ( 10 Menit)
F
Membaca
do’a dan mengabsen siswa, merapikan tempat duduk.
F
Memotivasi
siswa
F Menginformasikan materi yang akan
disampaikan.
F Guru mengkondisikan siswa untuk memulai
pembelajaran dengan menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
- Kegiatan inti (50 Menit)
F
Guru
mendiktekan isi pesan.
F
Siswa
mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F
Siswa
mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung.
F
Guru
memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F
Guru
atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan
tanda baca.
F
Siswa
menulis soal menyusun kalimat
dengan baik
F
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan
F
Guru
membacakan cerita bertemakan mesyaarah kemudian menceritakan secara global
F
Siswa
ditugasi mendiskusikan suatu permsalahan secara berkelompok untuk dimintai
suatu keputusan atas kesepakatan bersama
F
Siswa
dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
F
Guru
mengambil sebuah keimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan
F
Siswa
membca secara bergilir denngan tema yang berhubugan dengan budi pekerti dan
dibacakan lancar serta nyaring
F
Guru
mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan
F
Siswa
membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan di
bacakan secara lancar serta nyaring
F Mengambil intisari dari bacaan tersebut
dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan
akhir (10 Menit)
F Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa
baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa
F Pemberian tugas (PR, Portofolio).
V. Alat dan Sumber belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang dapat menunjang
proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
0 komentar:
Posting Komentar