27 Mei 2016

PENERIMAAN CPNS 2016 UNTUK GTT KEMENDIKNAS

Akhirnya pengumuman resmi untuk penerimaan CPNS Umum tahun 2016 keluar. Sayangnya Pemerintah hanya menyediakan kuota untuk pelamar umum maksimal 15 ribu orang... kelihatan sangat ketat dan sulit. Jumlah ini sudah termasuk di dalamnya pelamar umum jalur lulusan cumlaude dari PTN berakreditasi A (kurang lebih 1000). pemerintah sudah menetapkan kuota CPNS 2016 secara nasional sebanyak 81 ribuan. Sedangkan penetapan kuota masing-masing daerah baru dimulai sekitar Juni-Juli sedangkan test diperkirakan September-Oktober 2016.

Semua pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT), jadi tidak ada ‎yang tanpa tes. Awalnya Kemenpan RB mengajukan kebutuhan formasi 150 ribuan. Namun, yang sudah disetujui Kementerian Keuangan dan telah disiapkan anggarannya hanya 81 ribu demikian kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai penyerahan 35 Top Inovasi Layanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5).



Sedikitnya kuota pelamar umum ini karena pemerintah masih melakukan moratorium terbatas. Disamping itu pemerintah lebih memprioritaskan kepada lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan (Kemenkes), guru GTT (Kemendikbud). Dan yang paling diprioritaskan tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum. Untuk tenaga pelamar umum, diprioritaskan kepada formasi yang mendukung program nawacita (seperti pengabdian di daerah perbatasan / tertinggal).

Cuman disini admin mau menggaris bawahi pemerintah memprioritaskan   Guru GTT (kemendikbud).. apa tenaga honorer kategori 2 kah ? atau lainnya ? masih belum jelas, dikarenakan harapan akan pengangkatan CPNS dari Honorer k2 tahun 2016 ini sudah tidak mungkin demikian sesuai dengan beberapa postingan sebelum ini.

0 komentar: