25 Agustus 2024

PPG PILOTING 2024

PPG Piloting 2024 merupakan Berita yang sangat menggembirakan bagi guru yang belum sertifikasi (yang tentunya kalau belum sertifikasi ya belum mendapat tunjangan sertifikasi). Nah di tahu 2024 ini sertifikasi memakai formula baru dimana sebelumnya menggunakan cara online - tatap muka zoom - PPG online dan pengumpulan tugas baru bisa UKIN dan UP sekarang diringkas langsung mengerjakan di LMS dan tidak ada penilaian karena dianggap benar tapi ketika melenceng jauh diminta untuk membenarkan. ini dilakukan untuk mempercepat jumlah guru yang sertifikasi sedang yang ada sudah mulai banyak yang pensiun,

 Tahapan pada piloting bagi Guru Tertentu Dalam Jabatan 2024 adalah melakukan konfirmasi dan lapor diri. Berikut ini informasi mengenai cara konfirmasi kesediaan peserta piloting PPG Daljab 2024. Silahkan masuk Ke Akun PMM yang nantinya akan keluar program sertifikasi.

Memberikan konfirmasi kesediaan dan lapor diri ini memang harus dilakukan oleh para guru yang masuk dalam pemanggilan peserta piloting program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan atau PPG Daljab 2024. Dmana  bersamaan dengan orientasi di LPTK masing-masing yang menyelenggarakan PPG.

Setelah proses lapor diri, peserta akan melakukan pembelajaran mandiri di PMM sesuai dengan kriterianya sampai semua terselesaikan dengan centang hijau / valid, maka dilanjutkan pendaftaran Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sesudahnya, peserta baru akan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Jadi piloting bagi Guru Tertentu Dalam Jabatan merupakan program Kemendikbudristek guna memastikan pelaksanaan pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu berjalan optimal sebelum program tersebut dijalankan secara masif.

Selama memngikuti PPG piloting bagi Guru Tertentu Dalam Jabatan, peserta akan mengikuti program pembelajaran mandiri, seperti mengerjakan modul, latihan soal, serta refleksi jurnal. Semua program pembelajaran ini didesain dapat selesai dalam waktu enam minggu.

Bagi peserta yang tidak bisa menyelesaikan piloting PPG bagi Guru Tertentu Dalam Jabatan, bisa menyelesaikannya melalui PMM serta mengikuti UKPPPG periode selanjutnya.

So gambar gembira ini sudah mulai sampai ke semua guru dimana ditahap pertama ada 60 ribu guru yang terjaring dengan kriteria Usia / pengalaman kerja dan diakhir bulan Agustus ini PPG piloting guru sejumlah 200 ribu untuk seluruh wilayah Indonesia. 

Selamat ya ... siap kan semuanya Insya Allah di Blog Akta4 ini saya akan coba memberikan petunjuk2 yang bisa membantu teman-teman guru yang masuk PPG Piloting 2024 ini.

0 komentar: