24 April 2009

Pemberkasan Guru menjadi PNS

hari ini saya membaca di harian jawapos tentang : Rekrutmen CPNS Daerah sebelum Pemilihan Presiden berikut kutipan beritannya
Pemerintah pusat saat ini memproses pengisian lowongan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah. Hingga kemarin, 120 kabupaten/kota di Indonesia belum memasukkan usul formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Sesuai surat edaran Men PAN, pemerintah pusat menenggat usul itu hingga akhir April. "Usul formasinya belum semuanya masuk. Tapi, ini sedang proses. Kami harapkan cepat dikirim, paling lambat akhir bulan ini," ungkap Deputi Men PAN Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Ramli Effendi Naibaho di Jakarta kemarin. Hanya, dia tidak menyebut daerah mana saja yang belum mengusulkan formasi itu.

Berdasarkan keterangan sejumlah daerah yang belum mengusulkan, alasannya adalah adanya kendala komunikasi atau letak geografis yang terpencil. Padahal, lanjut Ramli, di era teknologi seperti sekarang ini, pengiriman data cukup lewat faks atau internet. Namun, alasan-alasan seperti itu masih juga ditoleransi.

"Ya, kalau alasannya memang seperti itu, kami toleransi dua hingga tiga minggu (sejak akhir April, Red)," ungkap Ramli. Namun, kalau masih juga belum mengirimkan data, lanjutnya, daerah tersebut ditinggalkan dalam proses penetapan formasi CPNS.

Ramli menjelaskan, data usul dari daerah itu akan digunakan sebagai basis penetapan formasi CPNS. Targetnya, sebelum Juli 2009, penetapan formasi CPNS sudah bisa dikeluarkan. Begitu ditetapkan, datanya dikirim ke masing-masing daerah. "Jadi, jadwal seleksinya ya, bergantung kesiapan masing-masing daerah," imbuh Ramli.

Ramli pun memaparkan bahwa target penetapan formasi CPNS sebelum Juli 2009 itu merupakan upaya mempercepat proses seleksi. Pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi di daerah dilakukan pada kisaran Agustus, September, dan Oktober. Dikatakannya, dengan penetapan formasi sebelum Juli, diharapkan jadwal seleksi lebih maju.

"Yang kami harapkan, jangan sampai seleksi terganggu oleh agenda nasional pemilu presiden. Itu target kami," ucap Ramli. Dengan demikian, diharapkan seleksi CPNS bisa dilaksanakan sebelum pilpres digelar.

Selain itu, Ramli mengungkapkan, untuk tahun ini prioritas utama penerimaan CPNS adalah untuk formasi guru. Disusul tenaga medis/paramedis, baru tenaga-tenaga yang menunjang peningkatan perekonomian daerah setempat.

Ramli mencontohkan, kalau suatu daerah itu potensi perekonomiannya di sektor kehutanan, akan direkrut CPNS tenaga penyuluh kehutanan. Bagi daerah yang berbasis ekonomi pertanian, akan direkrut tenaga penyuluh pertanian, dan seterusnya. "Di luar itu semua, jumlah formasi juga dipengaruhi kemampuan keuangan negara yang akan digunakan untuk menggaji PNS. Hingga saat ini kami masih menunggu konfirmasi dari Departemen Keuangan," ucapnya.

Kalau dibaca-baca.... apakah nantinya ada pemberkasan lagi ? khususnya bagi guru yang sudah mengajar ? kalau terus seperti ini berarti memang guru sukwan dipastikan tidak akan bisa masuk formasi di PNS lagi seperti tahun 2004-2007. Jujur saja kalau diadu dengan fresh graduated mana mungkin bisa ngalahkan mereka...? Tapi kabar itu akan tertepis dengan berita bahwa semua itu kebijakan masih ditetapkan pada kota/kabupaten setempat (otonomi daerah). SO kita berdoa saja ya...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mudah2an
kami GTT negeri SMPN39 SBY
mendukung
berdoa & ikut memperjuangkan....
semoga Allah SWT memberi kemudahan dalam usaha GTT negeri di Indonesia Umumnya. Amiiin

moratmarit mengatakan...

Amin..semoga teralisasi.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang