14 April 2009

Try Out SD kelas 6

Uji coba latihan UASBN di SD belakangan mulai bertambah, kalau jaman saya dulu Try Out itu hanya untuk SMA atau yang sederajat, maka sekarang berubah drastis. Sekolah dasar pun mengadakan Try Out dan di koordinir se-KAbupaten/ Kota. Aneh ya... Try Out kok dikoordinir.. kalau gratis sih Gpp tapi kalau bayar ? walau bisa dibayar dengan uang BOS tapi kan itu menjadi kendala, dan juga kasihan deh melihat anak-anak.

Bisa dibayangkan bagi anak kelas enam SD, dia mulai menjalani ujian try out tanggal 22 April, seminggu kemudian langsung UASBN, lha bagaimana cara guru mengevaluasinya ? apa tidak terlihat seperti memakai hal yang mengada-ada nich. Seharusnya TRY OUT diadakan 2-1 bulan sebelum ujian asli dilangsungkan, karena kita sebagai guru bisa melihat hasil yang pasti dari anak didik kita sehingga bisa melakukan instropeksi.

Kalau berturut seperti sekarang ini kok kelaihatannya tambah menyengsarakan siswa ya ? mereka apa nggak kesel belajar terus, ujian terus ? lelah pusing dan kesel tentunya. Semoga tahun depan kebijakan TRY OUT untuk SD ini ditinjau kembali baik biaya, dan waktu pelaksanaannya.

1 komentar:

paijos mengatakan...

saya juga kasihan melihat adik saya. dalam 1 hari bisa les sampe 2 kali. kenpa dengan sistem pendidikan kita ya?