04 November 2008

GURU MASA DEPAN

Setelah lama blog ini hanya menulis yang berhubungan dengan CPNS, Pemberkasan PNS Guru (dan berhasil SEO pertama) maka ijinkan saya kembali ke peran sebagai seorang guru tulen (weleh kayak sudah jadi guru puluhan tahun).
Apa sih yang dipikirkan orang sekarang ini tentang guru ? pekerjaan mulia, banyak uangnya (banyak tunjangan, insentif, sertifikasi dan lainnya diberikan pada semua guru baik swasta maupun negeri). Jadi sekarang ini menjadi guru adalah hal terbaik agar nyaman di masa sekarang dan di hari tua. Semua berlomba-lomba menjadi guru. Baik sih bagi perkembangan nya nanti, karena yang terpilih pasilah lebih berkualitas dalam mengajar. Tapi bagaimana dengan mereka yang hanya mengejar uang..?!?!?
GUru masa depan adalah guru yang memiliki Loyalitas tinggi pada pendidikan, kretif, inovatif dan mereka tidak akan peduli dengan uang / pendapatan yang didapatkan, melainkan mereka sangat peduli bagaimana anak didik nya nanti.
Banyak sekali sekarang ini guu yang berusia diatas 45 tahun, usia yang sudah bisa dibilang kurang produktif dalam menghasilkan kreatifitas dalam mengajar. Seharusnya siapapun guru, berapapun usianya tidak peduli yang penting mereka semua juga harus belajar teknologi, sulit tapi harus dipaksakan agar masa depan negeri ini lebih tertata rapi.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

nambahin, guru yang baik juga mesti mampu menyampaikan apa yang ingin diajarkannya kepada muridnya. ada guru yang pintar tapi ga bisa transfer ilmunya :-)

Anonim mengatakan...

saya nggak setuju kalo guru yang usianya senja dibilang nggak produktif, yang penting dedikasinya om, semangat mengajarnya, cara mengajarnya yang benar.. jujur om, justru hasil mengajar dari guru2 yang udah lanjut ini lah banyak pelajaran yang masuk ke otak saya sampe sekarang.. saya masih inget pelajaran EYD dan grammar jaman smp, karena keunikan mengajarnya

Anonim mengatakan...

sebaik apaupun guru, kalo kurikulum dinegeri ini selalu berubah2 maka pengajaran susah berhasilnya...
saya artikel yang dimuat disini : http://pojokmagelang.co.cc/?p=10

ini artikel saya tentang pendidikan indonesia yang gonta-ganti kurikulum.
makasih..

salam

ciwir - kaum biasa

Anonim mengatakan...

Ini bukan apa2...

Pertama, akan aku katakan Ibuku adalah Seorang Guru yang menurut kacamata ku dan sepanjang hidupnya (krn Ibuku sudah meninggal) adalah biasa2 saja beliau malah terlalu sederhana dan perlu diketahui ibuku pensiun dengan golongan 4D adalah golongan yang cukup tinggi bagi jenjang seseorang yang berasal dari guru SD masa itu. Karena itu sampai akhir hayatnya beliau tidak punya apa2 aku bukan menyindir guru2 yang sekarang sudah punya mobil hehehe (berapa gaji guru sekarang tahu ndiri lah, karena aku juga punya adik juga seorang guru, mungkin juga gaji ibuku bisa jutaan kalau masa sekarang hahahaha)

Kedua, akan aku katakan kalau guru sekarang jadilah guru yang bisa di gugu dan ditiru seperti ibuku....aku bukannya juga menyindir, kalian jauh2 lebih mampan pada masa sekarang dari pada masa ibuku dulu, betul harus kreatif....kreatif segalanya.

Ketiga, adikku yang dulu marah2 karena merasa terpaksa kuliah di IKIP (sekarang UNESA kalau gak salah)pasalnya gak gaul jadi guru hahahaa waktu itu dia katakan begitu, sekarang huuih senyum selalu menghias bibirnya, ternyata hal terpaksa itu belum tentu tidak baik.

Terakhir:
Tak terasa Fid....ada air yang meleleh dimataku aku jadi ingat ibuku.

Ono Rudy mengatakan...

saya juga pernah kuliah diakta 4,dan sudah lulus..tapi pekerjaan saya sekarang diperusahaan yang sangat berbeda jauh dengan bidang pendidikan,,karena dibidang industri yang ada hanya untung dan rugi...,tapi saya sangat antusias dengan bidang pendidikan..nanti setelah kontrak saya di perusahaan berakhir,saya ingin menjadi guru...yang tidak hanya mengajar,tetapi juga mendidik generasi indonesia...guru adalah profesi yang sangat mulia..semangatlah para guru...