29 Mei 2009

MEDIA PEMBELAJARAN

Setelah blog ini membahas PTK / Penelitian Tindakan Kelas, maka berikutnya saya akan membahas Media Pembelajaran. PAda sertifikasi tahun ini media pembelajaran mempunyai poin 5 / media dan diperbolehkan membuat sebanyak-banyaknya. Bahkan point membuat PTK dan KTI yang kalau kita buat lebih dari 50 lembar point maximalnya cuma 15. Kenapa kita nggak buat media pemblajaran saja yang mungkin 3 lembar dan bisa kita buat 20 kalinya... point nya kan 100 gimana ?

Kenapa sekarang ini lebih mengutamakan media pembelajaran ? yang pasti dengan kita membuat media pembelajaran membuat pelajaran semakin mudah dipahami oleh siswa, dan siswa semakin bersemangat plus lebih tertarik.Cuma ide yang harus dikeluarkan dalam membuat media pembelajaran tidak menyimpang jauh dari rpp yang kita buat.

Media Pembelajaran dengan memakai peralatan teknologi seperti LAptop dan Proyektor sekarang ini menjadi lebih dominan, karena disamping siswa bisa melihat gambar juga bisa melihat inti dari apa yang menjadi pelajaran. MAnusia lebih mudah menghapalkan gambar daripada huruf ataupun angka. Terus bagi guru yang belum menguasai peraltan teknologi itu maka setidaknya mereka lebih mempelajari (belajar-belajar lagi).

TApi apa ada yang lebih menarik lainnya ? masih banyak sekali, bisa media pembelajaan dengan permainan yang biasa dipakai siswa, nyanyian, perlatan sederhana dan lainnya. JAdi pada dasarnya Media Pembelajaran merupakan kreativitas dari guru sendiri.

0 komentar: