13 Juni 2009

Perbanyak Media Pembelajaran

Karena membantu kakak istri saya membuat sertifikasi jadi kesulitan deh ngisi blog ini (sampai 8 hari nggak nulis), tapi lumayan juga dapat ilmu baru. Setelah membacaRubrik Penilaian dari Portofolio sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2009 jalur Depag akhirnya saya menyimpulkan agar memperhatikan media pembelajaran. Lho gimana sih maksudnya ?

Ya memang bagian lain ya harus diperhatikan juga namun bagi guru yang masih minim pengalaman, kurang jam ngajar, minim sertifikat dan lainnya mungkin Media pembelajaran inilah yang bisa digenjot... karena tidak ada batasan minimalnya, sedangkan point media pembelajaran adalah 5 point. Bayangkan saja kalau bisa buat 20 media pembelajaran ... bisa 100 point lho...dan mungkin jumlah halamannya tidak banyak karena hanya butuh foto media pembelajarannya, kopetensi dan cara, lalu surat tugasnya.

BAndingkan dengan membuat PTK / karya tulis ilmiah, sudah panjang dan minimal 30 halaman point tertinggi cuman 15. So bagi para guru yang belum sertifikasi siapkan saja media pembelajaran dari sekarang agar nantinya tidak tergesa-gesa hasilnya malah kurang maksimal. Apa saja sih contoh media pembelajaran yang sering dipakai : Bagan, Gambar, tusuk sate, tusuk es krim, gambar dari internet, kartu domino dan masih banyak lagi. Gimana ayo buat media pembelajaran agar siswa lebih cepat memahami dan mengerti.

0 komentar: