26 Juni 2009

Pendaftaran Siswa Baru (PSB)

Melepas kelas 6 SD untuk masuk ke sekolah yang lebih tinggi, rasa senang, bangga akan mereka sungguh membuat hati kita gembira. Menerima siswa baru kelas satu yang mungil dan lucu. 6 tahun lagi mereka pun juga akan meninggalkan Sekolah Dasar.

Kadang kalau kita memiliki siswa yang pintar, selalu juara kalau diikutkan lomba membuat kita merasa sangat kehilangan, belum tentu kita bisa mendapatkan seperti mereka. Tapi itulah tugas guru yang sebenarnya, membuat yang tidak bisa menjadi bisa. Ketekunan tak gampang putus asa membuat kita semua akan menjadi lebih baik. Perpisahan telah dilaksanakan, Penerimaan Siswa baru juga telah dibuka. Banyak sekali generasi sekarang yang mulai memasuki usia sekolah. Apa yang akan terjadi di negara ini 20 tahun yang akan datang adalah hasil pendidikan sekarang ini.

BOS (Biaya OPerasional Sekolah) yang sekarang sudah sangat diharapkan oleh sekolah kadang menjadi batu sandungan bagi guru. Bahkan isu beredar.. karena sekolah gratis guru tidak semangat mengajar.... apa benar demikian. Mungkin sebagian kecil benar ada juga bebebrapa guru yang beranggapan demikian. Persoalan nya adalah uru tidak mendapat tambahan gaji lagi dari sekolah karena semua pengeluaran uang BOS harus dilaporkan dan ada peraturannya. Sekolah gratis memang menjadi idaman sampai sekarang. Sekarangpun Penerimaan Siswa Baru bagi sekolah Negeri dilarang memungut sepeserpun.

Guru sebenarnya senang ada tunjangan profesi,sayang masih dinikmati 5% dari total guru di Indonesia itupun pembayaran nya tidak berjalan dengan mulus bahkan tidak tahu berjalan terus apa nggak. Semua program Pemerintah memang baik, tapi kita tidak tahu apakah daerah bisa menjalankan dengan baik atau tidak.

0 komentar: