30 Juni 2009

RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional)

Beberapa hari ini banyak yang membahas masalah ini, ya... setelah pengumuman UN dan ternyata yang mendapatkan peringkat 10 besar terbaik tidak ada yang berasal dari Surabaya yang notabenenya banyak RSBI nya... malah jeblok. 10 peringkat dikuasa oleh luar kota semua, Surabaya tak satupun yang nangkring... Ada Apa nich ..?

Mungkin bagi sebagian orang tua bangga menyekolahkan anaknya di RSBI, bagaimana tidak... katanya pelayanan RSBI standar internasional, guru profesional dan semua peralatan juga oke, yang terakhir uang / dana yang dibutuhkan juga oke. JAdi pada dasarnya tidak masalah sekolah dimanapun, asal yang terpenting bagaimana memotivasi anak didik/ siswa agar terus berjuang menjadi yang terbaik. Saya sendiri juga sangsi akan hasil / output dari RSBI ini... Kalau dipikir sedehana sih .. input mereka sudah berkualitas jadi wajar kalau output juga baik. Bagaimana dengan swasta pinggiran, negeri pinggiran ?

Kenyataan yang terjadi adalah RSBI belum menghasilkan keluaran yang terbaik, mungkin masih mencari jati diri .. atau mereka mengajarkan proses ... bukan hasilnya.. seperti tingkat kemandiria, EQ + SQ baru IQ. karena lihat saja mungkin belajar dari pengalaman saya ketika masih sekolah dulu, dimana anak yang memiliki IQ tinggi (sering juara) belum tentu bisa sukses dalam kehidupan. Lihat saja kenyataan sekarang teman saya yang dulu selalu menjadi juara sekarang kebingungan mencari kerja... bukan membuat kerja. ya kita doakan saja pendidikan semakin maju dan terus mengoreksi diri.

2 komentar:

bayu mukti mengatakan...

hehehe kalo menurut saya sekolah dimana saja sama :D tinggal yang bersekolah aja tuh....hehehe

Wisata SEO Sadau mengatakan...

yang penting belajar baek2..:D
smua tergantung yg sekolah