24 Oktober 2013

RPP SD KELAS 4 KURIKULUM 2013

Kalau kemarin membahas komponen RPP, nah sekarang membahas RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013, langsung contohnya saja ya.... boleh dibuat acuan :


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan :  SD                                                                                               
Kelas/Semester        :  IV/1
Tema/Sub Tema       : Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman Budaya Bangsaku (4)
Pembelajaran  Ke    : 4

A.   Kompetensi Inti

KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi Dasar

IPA

1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menurut perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi


3.5
:
Mahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan mellui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.4
:
Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi


IPS

1.3
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya

3.5
:
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5
:
Menceritakan manusia dalam dinamika interkasi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

PPKn


1.1
Menghargai kebhinekaan-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


3.1
:
Emahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1
:
Mengamati dan menceritakan perilakudi sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu  kesatuan yang utuh


C.   Indikator

IPA
1.1.1 Mempercayai kebesaran ciptaan Tuhan YME
1.1.2 Menumbuhkan perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
                  
3.5.1  Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
4.4.1  Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar





IPS

1.3.1 Mensyukuri karunia Tuhan YME atas segala ciptaanya
2.3.1 Menumbuhkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam berinteraksi

3.5.1  Menjelaskan dinamika manusia dalam interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1  Menceitakan pengalamannya menjaga keharmnisan hubungan dengan teman sebagai pengamtan nilai-nilai Pancasila

PPKn

1.1.1 Menyebutkan cara menghargai kebhineka-tunggalikaan dan keberagaman dalam masyarakat sekitar
2.1.1 Menerapkan perilaku disiplin, tanggung dan berani sesuai dengan tokoh perjuangan pahlawan


3.1.1   Menjelaskan makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1.1   Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam sehari-hari
           

                
D.   Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
2.      Setelah berekplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar
3.      Setelah membaca teks Alat Musik Tradisional siswa dapat mengenal berbagai jenis alat musik tradisional
4.      Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

E.   Materi Ajar:
  1. Energi bunyi
a.    Sumber bunyi
b.    Cara menghasilkan bunyi
c.    Menciptakan bunyi yang harmonis
  1. Dinamika Interaksi Manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya .
a.    Menjelaskan makna harmoni dalam kehidupan
b.    Menyebutkan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  1. Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
a.    Menceritakan sikap harmoni yang sesuai dengan pengamalan Pancasila
F.    Alokasi Waktu
6 X 35 menit

G.   Pendekatan dan metode
v  Saintific
v  Demosntrasi, Percobaan, Diskusi


0 komentar: