Setelah Beberapa minggu yang lalu membahas RPP kelas 1 kurikulum 2013 ... kali ini akta4 coba membahas / memberi contoh RPP klas 4 Kurikulum 2013.... ok langsung saja :
Tema/Sub Tema :
Indahnya Kebersamaan/Keberagaman Budaya Bangsaku
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima,menghargai
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1 Menghargaikebhineka Tunggal Ikaan dan keberagaman agama,suku bangsa,pakaian
tradisional,bahasa,rumah adat,makanan khas,upacara adat,sosial dan ekonomi di
lingkungan rumah sekolah dan masyarakat sekitar
IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
SENI,BUDAYA DAN PRAKARYA
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan
BAHASA INDONESIA
1.1
Meresapi
makna anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana
belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
C.
INDIKATOR
PPKN
1. Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
2. Menjelaskan
ciri khas suku Jawa di lingkungan rumahmu
IPS
1.Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
SENI BUDAYA dan PRAKARYA
1. Menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai
Merauke” dengan tinggi rendah nada yang sesuai
BAHASA INDONESIA
1. Mengolah informasi dari teks
“Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas,siswa
mampu menjelaskan keberagaman yang ada
di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
2.Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang” siswa mampu mengolah
informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar
E. MATERI AJAR
Keragaman budaya
a. Suku bangsa
b. Agama
c. Bahasa
d. Adat istiadat
F. ALOKASI WAKTU : 6 x 35 menit
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,
0 komentar:
Posting Komentar