10 Oktober 2013

Contoh RPP klas 4 Kurikulum 2013

Setelah Beberapa minggu yang lalu membahas RPP kelas 1 kurikulum 2013 ... kali ini akta4 coba membahas / memberi contoh  RPP klas 4 Kurikulum 2013.... ok langsung saja :


Tema/Sub Tema : 
Indahnya Kebersamaan/Keberagaman Budaya Bangsaku


A.     KOMPETENSI INTI

1.       Menerima,menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1  Menghargaikebhineka Tunggal Ikaan dan keberagaman agama,suku bangsa,pakaian tradisional,bahasa,rumah adat,makanan khas,upacara adat,sosial dan ekonomi di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat sekitar                                                                         
      IPS
1.3   Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

SENI,BUDAYA DAN PRAKARYA
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah   sebagai
           anugerah Tuhan

BAHASA INDONESIA
1.1   Meresapi makna anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang diakui sebagai  bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan

C.     INDIKATOR

PPKN
1. Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
2. Menjelaskan ciri khas suku Jawa di lingkungan rumahmu

IPS
     1.Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan


SENI BUDAYA dan PRAKARYA
     1. Menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” dengan tinggi rendah nada yang sesuai

BAHASA INDONESIA
     1. Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas,siswa mampu menjelaskan keberagaman yang   ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
             2.Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang” siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar

E. MATERI AJAR
Keragaman budaya
 a. Suku bangsa
 b. Agama
c. Bahasa
    d. Adat istiadat

F. ALOKASI WAKTU : 6 x 35 menit

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example

Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,

0 komentar: