02 Januari 2011

2011

Setelah berlibur semester ganjil yang dimulai tanggal 25 Desember sampai hari ini yaitu 2 JAnuari 2011, besok semua kembali masuk ke sekolah. Banyak hal yang sudah kita lewati, berlibur bersama anak, ke rumah saudara, berenang, kena macet dan masih banyak lainnya.

Seneng rasanya bisa menikmati hidup lebih enjoy walau cuman 1 minggu, besok kita bersiap-siap melakukan rutinitas yang biasa kita jalani kembali, menjadi guru yang mendidik masa depan anak bangsa. Karena Masa depan pendidikan juga tergantung salah satunya dari pendidik.

Jadi ingat dulu ketika mengajar di salah satu sekolah favorit yang mahal.... Sekolah Ciputra. Saat itu saya kebagian di LAboratorium IPTEk (baik IPA dan KOMputer). Ketika sesuai liburan sekolah anak-anak bercerita tentang liburan mereka kemana saja. Hampir 95% (mungkin sisanya ke bali ya) anak nggak ada yang berlibur di Indonesia, semua ke luar negeri, mulai singapura, Tokyo, Beijing dan lainnya. Nah tiba-tiba ada yang nyeletuk... kalau BApak kemana liburan selama satu minggu ini ? saya bilang saya hanya kembali ke kampung halaman, terus mereka bertanya dimana itu ? Kediri jawab saya... mereka langsung bertanya lagi kediri itu dimana ya pak ? lho kok nggak tahu ? karena google map belum sepopuler sekarang maka saya jawab dekat Kota Malang (padahal jauh), eh mereka tanya lagi MALang itu dimana.... terus saya bilang kamu sekalian tidak pernah ke MAlang ?

Itulah sekelumit cerita yang selalu teringat, perbedaan ekonomi yang menyolok mengakibatkan saya kembali berpikir untuk mengajar anak bangsa yang tergolong terpinggirkan (anak miskin) dengan meningkatkan sisi teknologi mereka. Saya sudah buktikan dengan membawa beberapa piala juara lomba komputer. Semoga semangat ini terus masih ada.

0 komentar: