27 Juni 2012

Test Honorer Kategori 2

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menyebutkan angka Rp158 miliar untuk pengadaan tes honorer kategori dua (K2) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), "Kami sudah berhitung untuk mengadaan tes honorer K2 butuh anggaran sekitar Rp158 miliar. Jadi biaya ujian per orang kira-kira Rp 150 ribu. Anggaran ini akan masuk dalam RAPBN 2013," kata Azwar dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Selasa (26/6).

Jumlah honorer K2 yang sudah dilaporkan dan masuk data base Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 560 ribu orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan usulan pertama 632 ribu. Sedikitnya data honorer K2 ini, kemungkinan ada ketakutan dan kehati-hatian pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam mengajukan usulan.

"PPK mungkin takut kalau salah mengajukan data ujung-ujungnya akan berdampak pada dirinya. Sebab, di dalam Surat Edaran Menteripan-RB Nomor 5 Tahun 2012, ditegaskan bagi PPK yang mengajukan data manipulasi akan ditindak lewat jalur hukum," tandasnya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar memberikan jaminan, proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari honorer kategori dua (K2) dijamin bersih dan tidak ada permainan uang. Karena itu honorer K2 diminta fokus belajar dan bukan cari uang pelicin. "Seleksi CPNS honorer K2 yang akan dimulai tahun depan tidak pakai duit pelicin. Honorer tidak usah sibuk ngumpulin duit, cukup belajar bagus biar hasilnya baik," kata Azwar Abubakar dalam rapat kerja Komisi II DPR RI, Selasa (26/6).

Model seleksi kali ini lebih diperketat. Dalam seleksi nanti akan melibatkan ICW sebagai pengawas. Selain itu, honorer K2 yang akan ikut seleksi sudah merupakan hasil verifikasi dan validasi (verval) serta telah melewati uji public.

"Jadi data honorer K2 yang masuk data base Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan tetap diverifikasi dan validasi. Kemudian diuji publik selama dua minggu. Ada masa sanggah dan verifikasi dan validasi ulang. Setelah itu baru masuk tahap tes sesama honorer K2," terangnya. (dikutip dari Jpnn.com) Nah bagaimana nih… sekarang mulai bersiap saja deh untuk honorer kategori 2, karena kalau testnya nanti nggak lulus bias nggak diangkat lho …. Pusing juga ya… kalau admin sih mendoakan agar semua lulus.. Amin oh iya untuk honorer kategori 1 yang sudah valid sekarang ini NIP nya sudah diproses… hmmm enak juga langsung dapat NIP…

0 komentar: