13 Februari 2010

TRY out ?

Sebelum mengalami ujian Nasional, sekarang ini setiap pemerintah daerah mengadakan try out terlebih dahulu, setidak-tidaknya melatih para siswa. Tahu tidak hasilnya ? 100% siswa swasta tidak lulus, wow... heran ? kalau saya tidak... itulah kenyataan yang harus kita terima. Siswa sebenarnya belum bisa dikatakan siap.

Adalah sebuah sekolah yang menerapkan belajar 3 mata pelajaran yang di UASBN kan. jadi mulai awal bulan februari mereka dilatih soal-soal ujian tersebut. Bapak dan ibu guru bilang nanti saja setlah UASBN selesai baru mata pelajaran lainnya diajarkan. Hal inilah yag ditakutkan. BAgaimana tidak ? untuk menentukan kelulusan siswa harus memiliki nilai 5,5 untuk semua mata pelajaran yang di UASBN dan kalau tidak lulus ada ujian ulang. kalau tidak lulus lagi ya mengulang atau ikut kejar paket C.

Akhirnya lebih baik belajar UASBN saja.. lainnya belakangan, lha wong ini yang penting (kata pemerintah). Inilah yang bisa merusak generasi yang akan datang karena mereka mengganggap dengan lulus UASBN maka aman deh semuanya... KAsihan generasi kita ini, Pemerintah berpikirlah yang lebih jernih...

0 komentar: