03 Mei 2010

HARI PENDIDIKAN

Hari ini adalah hari pendidikan nasional, diperingati Indonesia. Hari pendidikan biasanya menjadi tolak ukur Bangsa atas kinerja Pemerintah akan fokus Pendidikan. 20% APBN diperuntukkan Pendidikan. Banyak sekali sekarang ini Sekolah Berstandar NAsional (SBI) bermunculan (dengan biaya yang tidak murah), tapi juga banyak gedung sekolah yang mulai rusak (maklum kebanyakan usia sudah uzur).

Bahkan ada sekolah yang gedung sekolahnya nggak ada (menyewa juga tidak bisa). Bagi sekolah-sekolah di kota baik besar maupun kecil pasti sudah diperhatikan (tinggal menunggu giliran), sedangkan sekolah yang di pinggir atau dipelosok kemungkinan hanya didata.

Apa yang diperlukan pendidikan untuk masa sekarang ini agar hasil dari pendidikan bisa baik untuk masa depan bangsa ini ?
1. Guru Profesional (sekarang sudah digalakkan walau belum merata)
2. Gedung Sekolah
3. Siswa
4. Fasilitas Pembelajaran (baik berupa media, IT dll)

20 Tahun yang lalu Negara tetangga kita untuk masalah Pendidikan kalah jauh, guru merekapun ambil dari Indonesia. BAnyak yang kuliah di Indonesia, sekarang..? Negara ini yang banyak mengirim siswa ke luar negeri. Apa kelemahan dari sistem pendidkan kita ? banyak tapi salah satunya adalah penguasaan Media Pembelajaran khususnya IT masih sangat minim.

Tapi apapun namanya, kita harus tetap berusaha membuat anak didik menjadi pemimpin masa depan negara yang Jujur, Cerdas, Ber IT tinggi sehingga bisa membawa negara ini menjadi negara yang maju, sejahtera Gemah ripah loh jinawi.

0 komentar: