12 November 2010

Melatih Siswa Untuk Jadi Juara

Memang sih beberapa hari ini saya menlatih anak didik saya untuk lomba komputer tingkat dasar, walau sudah beberapa kali ikut saya belum berhasil mendapatkan piala no. 1, maklum latihan saya rasakan masih kurang dan konsentrasi siswa sangat labil karena belum pernah ikut lomba. Dari 3 kali keikutsertaan saya baru lomba yang ketiga bisa dapat peringkat kelima dan kesepuluh.

Dari pengalaman inilah akhirnya saya sedikit menguak tabir para juara, apapun lombanya, latihan yang disiplin dan keseriusan peserta merupakan salah satu hal yang tidak boleh ditawar-tawar. Lihat saja para Juara dunia, bagaimanapun mereka terus berlatih dan berlatih setiap hari. Lihat saja juara dunia fisika yang berasal dari Indonesia hasil didikan profesor Surya. Kali ini saya menggunakan trik ini dan mungkin agak saya perketat agar bisa mendapatkan peringkat 1 dalam lomba nanti.

Dari 6 siswa yang ikut target juara 1 ada di pundak 2 orang siswa, sedangkan 4 orang siswa lainnya saya usung untuk menjadi tim kuda hitam. Semua ini berdasarkan latihan mereka selama 1 minggu ini. Doa dan restu orang tua dan guru merupakan hal yang penting juga, motivasi dari mereka inilah yang akan membuat kita semua bertambah semangat.

0 komentar: