Satuan Pendidikan     :
SD       
Kelas/Semester      : IV/1
Tema/Sub Tema     : 3.  Peduli terhadap
makhluk hidup / 1. Hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku
Pertemuan
Ke         : 3
| 
KI
  1 | 
: | 
Menerima, menjalankan dan
  menghargai ajaran agama yang dianutnya | 
| 
KI
  2 | 
: | 
Menunjukkan perilaku jujur,
  disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
  dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya | 
| 
KI
  3 | 
: | 
Memahami pengetahuan faktual
  dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
  dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. | 
| 
KI
  4 | 
: | 
Menyajikan pengetahuan faktual
  dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis,
  dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 
IPA
Kompetensi Dasar:
3.1
menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
4.1
menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2
memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah, dan masyarakat
4.2 melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah , dan masyarakat.
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar:
3.1 menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan teantang gaya,
gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.1 mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan da tulis dengan memilah dan melah kosa kata yang baku.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
social budaya dan ekonomi 
4.5 menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
social, budaya, dan ekonomi
C.Indikator
IPA
- Menuliskan hasil
     pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan da fungsinya
- Menyebutkan
     makanan dari beberapa hewan
BAHASA
INDONESIA
- Menggali informasi
     laporan hasil pengamatan 
- Menyebutkan
     bagian-bagian dari tumbuhan secara lisan dan tulisan
IPS
- Menjelaskan
     hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia. 
- Menyebutkan
     beberapa manfaat hewan dengan tumbuhan dan manusia
PPKn
- Memberikan
     contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan da hewan setelah
     berdiskusi
- Menyebutkan
     bagaimana jika warga tidak melaksanakan kewajiban sebagai warga terhadap
     tumbuhan da hewan setelah berdiskusi
D. Tujuan Pembelajaran:
- Setelah melakukan pengamatan,siswa mampu menuliskan hasil pengamatan
     tentang  bentuk luar tumbuhan dan
     fungsinya dengan benar
- Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan
     siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam
- Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siwa mampu menjelaskan
     hubungan antara hewan denan dan manusia debpnga tumbuhan dengan benar
- Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewjiban sebagai
     warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak banyak-banyaknya.
E. Materi
Ajar:          
a. bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan
b. hak dan kewajiban 
c. teks informasi
d. Interaksi dengan lingkungan alam, social budaya dan
ekonomi
F. Alokasi
Waktu
6 X 35 menit
G.
Pendekatan
Scientifik
H. Kegiatan Pembelajaran
| 
KEGIATAN | 
DEKSKRIPSI KEGIATAN | 
ALOKASI WAKTU | 
| 
Kegiatan Pembuka | 
·   Guru
  memberikan salam dan mengajak berdoa (religius). 
·   Mengecek
  kehadiran peserta didik 
·   Tanya jawab
  : makhluk ciptaan  Tuhan 
·   Guru
  menampilkan peraga gambar tumbuhan dan hewan 
·   Peserta
  didik mencermati gambar, kemudian
  diminta menyampaikan pendapat dan
  perasaannya setelah melihat
  gambar tersebut. Misalnya :  hewan dan
  tumbuhan. 
·   Peserta didik diberi
  pertanyaan penggiring tujuan pembelajaran materi yang akan dipelajari, ,  
Misalnya : 
-         
   mahkluk hidup
  apa saja yang ada disekitarmu ? 
-         
  Apa yang kalian ketahui
  tentang tumbuhan dan hewan ? 
·   Guru
  menyampaikan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu hewan dan
  tumbuhan dilingkungan rumahku | 
6  x 35 menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
·   Murid
  membentuk 6 berkelompok  
·   melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi  
misalnya :  tumbuhan terdiri dri bagian apa saja ? 
·   siwa
  mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa tema 3 halaman 16 (LKI),
  kemudian mendiskusikan 
·   wakil
  kelompok mempresentasikan hasil diskusi. 
·   Kesimpulan
  hasil dikusi tentang ciri-ciri bagian pada tumbuhan 
·   Siswa
  membaca senyap buku siswa selama 5 menit halaman17  
·   Siswa
  menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa  halaman 18 (LK2) Menggali informasi laporan hasil
  pengamatan  
·    secara kelompok lain, kelompok lain
  menyanggah. 
·   setiap
  peserta didik dalam kelompok membaca secara cermat dan kritis untuk mencari 
  kosa kata baku dan tidak baku yang ada di dalam teks tersebut 
·   Murid
  menyebutkan 5 kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan 
·   Murid
  berdiskusi mengerjakan buku murid hal 18 (LK 3) 
·   Presentasi
  hasil  diskusi 
·   Guru
  memberikan  waktu beberapa menit kepada
  peserta didik untuk  mencermati   bunga 
·   Selesai kegiatan
  mencermati,  setiap peserta didik
  mengambil satu bunga. 
·   ,Tanya jawab
  : apakah bagian bunga tersebut ? 
·   Dengan
  menggunakan bacaan cerita tentang bunga, murid menjawab pertanyaan hal 19, hubungan antara
  makhluk hidup 
·  Setelah kegiatan mengerjakan tugas melalui diskusi dengan panduan lembar kegiatan (LK 4) halaman 18, menjelaskan
  hubungan hewan,tumbuhan, manusia,  
·  Prentasi
  hasil LK 
·  Kesimpulan
  hasil diskusi  
·  Kelompok
  lain yang tidak bertugas melaporkan diminta mendengarkan, mencermati,
  menanggapi, memberikan informasi, atau saran. Kemudian bersama guru
  melengkapi/menyempurnakan hasil diskusi. 
·  Guru
  melakukan penilaian sikap peserta didik selama mereka diskusi | |
| 
Kegiatan Penutup | 
·  . kesimpulan
  dari materi yang dikerjakan 
·  Salam dan doa penutup | |
|  |  |  | 
|  |  |  | 
PENILAIAN
:
Penilaian
1.
hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa ( IPA)
2. diskusi menggali informasi laporan
hasil pengamatan di nilai dengan rubric diskusi 
(BIN)
3. hubungan manusia hewan dan um buhan
dinilai denan daftar periksa ( IPS)
4. kewajiban sebagai warga terhadap
tumuhan dinilai dengan daftar periksa (PPKn)
5. penilaian sikap (rasa ingin tahu)
1. Daftar Periksa IPA
| 
Kriteria | 
Ya | 
Tidak | 
| 
Siswa
  mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun |  |  | 
| 
Siswa
  mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri bunga dan akar. |  |  | 
| 
Siswa
  mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri akar. 
Siswa
  mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga dan buah/ |  |  | 
DAFTAR PERIKSA IPS
| 
NO | 
Kreteria | 
ya | 
Tidak | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
4. Rubrik unjuk kerja PPKn dan Bahasa Indonesia.
| 
Kriteria | 
Bagus
  Sekali | 
Bagus | 
Cukup | 
Perlu
  Berlatih Lagi | |||||
| 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | |||||
| 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian:  total nilai x
10        
                             8
    4+ 3 x 10 = 8,75
        8
5. Penilaian sikap (rasa
ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)
Nama siswa:                                                                                      Hari:
|  | 
Sumber dan Alat Bantu
Pembelajaran:
Gambar hewan dan tumbuhan, pensil warna, bunga, buku siswa, buku guru,linkungan






 
 
0 komentar:
Posting Komentar