Satuan Pendidikan :
SD
Kelas/Semester : IV/1
Tema/Sub Tema : 3. Peduli terhadap
makhluk hidup / 1. Hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku
Pertemuan
Ke : 3
KI
1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI
3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
IPA
Kompetensi Dasar:
3.1
menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
4.1
menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2
memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah, dan masyarakat
4.2 melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah , dan masyarakat.
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar:
3.1 menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan teantang gaya,
gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.1 mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan da tulis dengan memilah dan melah kosa kata yang baku.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
social budaya dan ekonomi
4.5 menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
social, budaya, dan ekonomi
C.Indikator
IPA
- Menuliskan hasil
pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan da fungsinya
- Menyebutkan
makanan dari beberapa hewan
BAHASA
INDONESIA
- Menggali informasi
laporan hasil pengamatan
- Menyebutkan
bagian-bagian dari tumbuhan secara lisan dan tulisan
IPS
- Menjelaskan
hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia.
- Menyebutkan
beberapa manfaat hewan dengan tumbuhan dan manusia
PPKn
- Memberikan
contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan da hewan setelah
berdiskusi
- Menyebutkan
bagaimana jika warga tidak melaksanakan kewajiban sebagai warga terhadap
tumbuhan da hewan setelah berdiskusi
D. Tujuan Pembelajaran:
- Setelah melakukan pengamatan,siswa mampu menuliskan hasil pengamatan
tentang bentuk luar tumbuhan dan
fungsinya dengan benar
- Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan
siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam
- Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siwa mampu menjelaskan
hubungan antara hewan denan dan manusia debpnga tumbuhan dengan benar
- Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewjiban sebagai
warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak banyak-banyaknya.
E. Materi
Ajar:
a. bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan
b. hak dan kewajiban
c. teks informasi
d. Interaksi dengan lingkungan alam, social budaya dan
ekonomi
F. Alokasi
Waktu
6 X 35 menit
G.
Pendekatan
Scientifik
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
· Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
· Mengecek
kehadiran peserta didik
· Tanya jawab
: makhluk ciptaan Tuhan
· Guru
menampilkan peraga gambar tumbuhan dan hewan
· Peserta
didik mencermati gambar, kemudian
diminta menyampaikan pendapat dan
perasaannya setelah melihat
gambar tersebut. Misalnya : hewan dan
tumbuhan.
· Peserta didik diberi
pertanyaan penggiring tujuan pembelajaran materi yang akan dipelajari, ,
Misalnya :
-
mahkluk hidup
apa saja yang ada disekitarmu ?
-
Apa yang kalian ketahui
tentang tumbuhan dan hewan ?
· Guru
menyampaikan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu hewan dan
tumbuhan dilingkungan rumahku
|
6 x 35 menit
|
Kegiatan Inti
|
· Murid
membentuk 6 berkelompok
· melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi
misalnya : tumbuhan terdiri dri bagian apa saja ?
· siwa
mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa tema 3 halaman 16 (LKI),
kemudian mendiskusikan
· wakil
kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
· Kesimpulan
hasil dikusi tentang ciri-ciri bagian pada tumbuhan
· Siswa
membaca senyap buku siswa selama 5 menit halaman17
· Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa halaman 18 (LK2) Menggali informasi laporan hasil
pengamatan
· secara kelompok lain, kelompok lain
menyanggah.
· setiap
peserta didik dalam kelompok membaca secara cermat dan kritis untuk mencari
kosa kata baku dan tidak baku yang ada di dalam teks tersebut
· Murid
menyebutkan 5 kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan
· Murid
berdiskusi mengerjakan buku murid hal 18 (LK 3)
· Presentasi
hasil diskusi
· Guru
memberikan waktu beberapa menit kepada
peserta didik untuk mencermati bunga
· Selesai kegiatan
mencermati, setiap peserta didik
mengambil satu bunga.
· ,Tanya jawab
: apakah bagian bunga tersebut ?
· Dengan
menggunakan bacaan cerita tentang bunga, murid menjawab pertanyaan hal 19, hubungan antara
makhluk hidup
· Setelah kegiatan mengerjakan tugas melalui diskusi dengan panduan lembar kegiatan (LK 4) halaman 18, menjelaskan
hubungan hewan,tumbuhan, manusia,
· Prentasi
hasil LK
· Kesimpulan
hasil diskusi
· Kelompok
lain yang tidak bertugas melaporkan diminta mendengarkan, mencermati,
menanggapi, memberikan informasi, atau saran. Kemudian bersama guru
melengkapi/menyempurnakan hasil diskusi.
· Guru
melakukan penilaian sikap peserta didik selama mereka diskusi
|
|
Kegiatan Penutup
|
· . kesimpulan
dari materi yang dikerjakan
· Salam dan doa penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN
:
Penilaian
1.
hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa ( IPA)
2. diskusi menggali informasi laporan
hasil pengamatan di nilai dengan rubric diskusi
(BIN)
3. hubungan manusia hewan dan um buhan
dinilai denan daftar periksa ( IPS)
4. kewajiban sebagai warga terhadap
tumuhan dinilai dengan daftar periksa (PPKn)
5. penilaian sikap (rasa ingin tahu)
1. Daftar Periksa IPA
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa
mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun
|
|
|
Siswa
mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri bunga dan akar.
|
|
|
Siswa
mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri akar.
Siswa
mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga dan buah/
|
|
|
DAFTAR PERIKSA IPS
NO
|
Kreteria
|
ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Rubrik unjuk kerja PPKn dan Bahasa Indonesia.
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu
Berlatih Lagi
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian: total nilai x
10
8
4+ 3 x 10 = 8,75
8
5. Penilaian sikap (rasa
ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)
Nama siswa: Hari:
|
Sumber dan Alat Bantu
Pembelajaran:
Gambar hewan dan tumbuhan, pensil warna, bunga, buku siswa, buku guru,linkungan
0 komentar:
Posting Komentar