06 Desember 2015

UKG BAGI SEMUA GURU !

Bulan Nopember dan Desember tahun 2015 Kemdikbud mempunyai pekerjaan besar yakni mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk semua tenaa guru di seluruh Indonesia. Tujuannya bagus sih... pemetaan, dimana nanti bagi guru yang tidak memenuhi standart akan diberikan pelatihan tambahan.

Aneh sih... tahun 2013 juga dilaksanakan hal serupa (walau tidak semua guru , hanya guru PNS) tapi nggak ada kabarnya. Ok kali ini kita berpikir positif aja. Kali ini yang ikut UKG mulai dari PNS, Swasta, Honorer pokoknya guru ... semua harus ikut test.


Berikut kutipan di website resmi : http://gtk.kemdikbud.go.id/
Hasil UKG tahun 2015 ini akan diintegrasikan dengan program Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan oleh PPPPTK berdasarkan identifikasi peta kompetensi guru yang diketahui dari hasil UKG . UKG ini akan menjadi agenda rutin bagi guru untuk mengetahui level kompetensi guru sebagai bahan pertimbangan kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan demikian, guru nantinya diharapkan tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG dan senantiasa menginginkan kompetensinya untuk diukur secara berkala.



Hasil UKG ini selain digunakan sebagai dasar dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru, digunakan juga sebagai informasi awal untuk menganalisis lembaga pendidikan guru. Untuk itu, sistem dan mekanisme pelaksanaan UKG akan disempurnakan dan dikembangkan secara terus menerus guna memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan.

Agar tidak terlalu membingungkan akan materi yang diujikan, Kemdikbud juga menyiapkan kisi-kisinya di : http://gtk.kemdikbud.go.id/kisi-kisi-ukg/  oh iya UKG ini menggunakan CAT... (Komputer langsung keluar nilai benar dan salahnya) sedangkan untuk beberapa lokasi )pelosok daerha) menggunakan Lembar Jawaban.

Semua ini demi pendidikan yang baik kok... jadi Posting aja (Positif Thinking). Para guru takut kalau di ujian kopetensi Guru kali ini digunakan untuk penilaian mereka yang sudah mendapat sertifikasi, bahkan sampai terdengar kabar ada pengurangan / dihapus bagi mereka yang hasil UKG dibawah standar.... kelihatannya nggak mungkin Pemerintah melakukan itu. So kita tunggu saja


0 komentar: