05 November 2013

RPP TEMATIK

Seperti biasa, admin akta4 ingin berbagi RPP Tematik Kurikulum 2013... walau belum semua sekolah memakai kurikulum 2013 ... Berikut ini RPP Tematik :

Identitas Sekolah : SDN....
Kelas/Semester : I/I
Tema : Kegemaranku
Sub Tema : Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke : 2 (Dua)

A. Kompetensi Isi
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, guru, dan teman.
3. Mengetahui pemahaman factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktualdalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
PPKn
2.2 Menunjukkan perilaku patuh tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa Daerah.
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk penyajian.

Matematika
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar.
3.6 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkret.

C. Indikator dan Pencapaian Kompetensi
PPKn
1. Mengidentifikasi sikap yang tertib dalam satu kegiatan.
2. Membedakan sIkap yang tertib dan yang tidak tertib.

Bahasa Indonesia
1. Membaca teks deskripsi tentang alat-alat olahraga dengan lancar.
2. Memasang kata dan gambar alat olahnya dengan tepat.
3. Menceritakan sikap tertib.

Matematika
1. Mengidentifikasi pola-pola gambar.
2. Memprediksi pola gambar.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyusun kata-kata dan gambar siswa mampu membaca nama-nama alat olahraga dengan benar.
2. Setelah membaca siswa mampu memasang gambar alat olahraga dan namanya dengan benar.

E. Materi Ajar
Membaca gambar alat-alat olahraga dengan jaring.



F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : scientific
2. Metode : Inquiry

G. Kegiatan Pembelajaran
• Kegiatan Pendahuluan
1. Memberikan salam pembuka.
2. Menyapa dan menanyakan kabar.
3. Mengajak siswa berdo’a.
4. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
5. Mengajak siswa meneriakkan yel-yel rajin membaca
Guru : rajin belajar
Siswa : pasti pintar
Guru : rajin membaca
Siswa : banyak manfaat
Guru : rajin berolahraga
Siswa : sehat selalu
6. Menginformasikan pada siswa tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “ Gemar Berolahraga”.
• Kegiatan Inti
1. Guru menyiapkan kartu gambar alat-alat olahraga dan memperkenalkan nama-namanya secara tertulis.
2. Siswa diminta memabaca nama-nama alat olahraga tersebut dengan bimbingan guru.
3. Siswa diminta memasang nama-nama alat olahraga tersebut dengan gambarnya.
4. Guru membuat pola dengan menggunakan gambar-gambar alat olahraga dengan bentuk pola tertentu, misalnya gambar bola besar, bola kecil, kok, bola besar, bola kecil, kok, dan bola besar.
5. Siswa diminta mengamati pola tersebut.
6. Siswa diminta mengungkapkan apa yang diperolehnya dari pengamatan.
7. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pola gambar alat-alat olahraga.
8. Siswa diminta menebak gambar yang tepat untuk melengkapi pola.
9. Siswa memperhatikan contoh pola yang diberikan guru, lalu mencoba membuat polanya sendiri.
10. Siswa menggambarkan polanya dengan membiarkan salah satunya kosong. Siswa lain akan menebak gambar pada pola yang kosong.
11. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.


• Kegiatan Penutup
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian hasil belajar.


H. Alat dan sumber Belajar
Alat dan Bahan : bola kasti, kok
kartu kata
kartu gambar alat-alat olahraga

Sumber Belajar : buku siswa

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Penilaian Tes tulis : (soal terlampir)
 Jika jawaban benar, skor = 2
 Jika jawaban salah, skor = 1
 Skor ideal = 10
Jumlah skor yang diperoleh
skorl ideal

0 komentar: