04 November 2010

Menguasai Kelas .. Penting !

Mungkin ini terjadi pada setiap guru, apalagi guru baru .... Siswa biasanya pada dasarnya sangat suka ramai, tapi dengan penguasaan kelas yang baik maka kelas akan lebih tenang dan mudah dikuasai. APakah siswa bisa tenang ketika guru pergi ? apa hanya bisa tenang ketika ada guru ?

Sebenarnya ada beberapa kasus tentang bagaimana cara mengelola kelas dengan baik. MEnguasai materi ajar merupakan salah satu tips yang memang harus dikuasai, kadang banyak guru yang tidak siap materi yang akan diajarkan, sehingga mereka mereka-reka apa yang akan diajarkan. Ini tidak baik bagi siswa. Karena tentunya persiapan guru dalam penguasaan materi membuat siswa juga sulit memahami.

MEmbuat Rencana Pembelajaran memang sangat perlu karena membuat kelas menjadi lebih hidup, guru bertambah kreatip pada akhirnya kelas lebih terkontrol. KAlau masih tetap tidak terkontrol bagaimana ? selidiki siswa yang biasa ramai, beri pengertian, kalau tetap usahakan pendekatan lain, karena akar dari permasalahan memang itu.

SO dengan pengelolaan kelas yang baik bisa membuat guru lebih menguasai kelas sehingga siswa semakin bisa menerima yang diajarkan dan dicerna dengan baik.

1 komentar:

tipshot mengatakan...

Bagus juga artikelnya, komentar juga dong di blog saya : http://tipshot.blogspot.com