07 Juli 2009

Pilih Sekolah di Negeri apa Swasta ?

Memang sebelum memulai ajaran baru, maka pasti ada siswa baru. Di sekolah dasar sudah mulai pembukaan penerimaan siswa baru baik negeri maupun swasta. ad beda sedikit antara SD SMP dan SMA. ya... kalau di SD biasanya malah yang laris sekolah swasta, banyak yang mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta favorit (testnya biasanya 3 bulan sebelum kenaikan kelas), tapi kalau tidak favorit ya... nunggu deh limpahan dari sd negeri.

Sedangkan SMP dan SMA, kebanyakn Siswa akan lebih memilih sekolah negeri terlebih dahulu baru kalau nggak masuk ya masuk di swasta. Jadi malah Sekolah Negeri menjadi pilihan utama. Ada sih sebagaian sekolah favorit yang memang sudah menerima siswa, tapi biasanya tetap menunggu hasil dari sekolah negeri.

Di SD kebanyakan biaya sekolah masih tidak terlalu tinggi apalagi SD negeri, so banyak yang masih memmilih Swasta mungkin punya pandangan pembentukan karakter sejak dini ya ? Tapi sebenarnya Swasta atau Negeri hasilnya tetap tergantung sama siswanya sih. jadi mereka lebih berperang pada diri sendiri. Berikutnya baru keluarga, sekolah lalu lingkungan sekitar.

Sedangkan SMP dan SMA/ SMK, sekolah di negeri sangat membanggakan orang tua dan mengirit biaya yang dikeluarkan orang tua. Apalagi sekarang ada BOS, SMP nggak menarik biaya. sedang yang swasta diperbolehkan. so biaya yang dikelaurkan akan terlihat beda banget dan terasa apalagi bagi golongan menengah ke bawah.

Nah kesimpulannya adalah lihat kemampuan anak, uang lalu bagaimana keinginan orang tua, harus di musyawarahkan agar anak tidak terbebani da orang tua bisa mensupport segala sesuatunya dengan baik. HAsil akhir nya tinggal Ikhtiarnya.

0 komentar: